Bagikan:

JAKARTA – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengemukakan alasan di balik mundurnya tunggal putra Alwi Farhan dari Jerman Open 2024.

Alwi sebelumnya masuk dalam undian ajang berlevel Super 300 BWF tersebut. Ia seharusnya bermain dari babak kualifikasi turnamen yang berlangsung mulai Selasa, 27 Februari 2024.

"Ada banyak pertimbangan, ya. Kemarin (26 Februari 2024) baru kumpul dengan para pelatih, bagaimana masukan betul-betul harus dipertimbangkan," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi, Ricky Soebagdja, di Pelatnas PBSI Cipayung.

Setelah mundur dari Jerman Open 2024, Alwi kini dipersiapkan untuk turnamen lainnya. Dua turnamen yang bisa dia ikuti ialah Swiss Open dan Spanyol Masters 2024.

"Jadi, untuk memutuskan siapa yang ikut kejuaraan memang harus betul-betul. Ini kaitannya banyak. Kalau potensinya besar, masih bisa didaftarkan. Jadi, kesempatan Alwi juga masih panjang," kata Ricky.

Tanpa Alwi, Indonesia hanya diwakili oleh tiga ganda campuran. Mereka ialah Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Pada babak pertama, Dejan/Gloria akan bersua pasangan Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek. Lalu, Rehan/Lisa bertemu wakil Skotlandia, Adam Hall/Julie Machpherson/ Terakhir, Rinov/Pitha bakal melawan pemenang kualifikasi.