Bagikan:

JAKARTA - Kroasia dan Albian sama-sama mengejar poin pertama mereka di fase penyisihan Euro 2024 ketika bersua di laga kedua Grup B di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, Rabu, 19 Juni pukul 20.00 WIB.

Setelah menelan kekalahan di pertandingan pertama mereka pada akhir pekan kemarin maka otomatis kedua tim akan berusaha untuk tetap bersaing demi mendapat selembar tiket menuju babak gugur turnamen.

Sebelumnya di pertandingan mereka perdana keduanya sama-sama tidak mendapat poin. Kroasia harus mengakui keunggulan Spanyol, sedangkan Albania dihajar oleh tim juara bertahan kompetisi, Italia.

Generasi emas Kroasia, yang kini telah menua, kesulitan untuk tampil baik saat menghadapi La Furia Roja. Mereka langsung tertinggal tiga gol di babak pertama dan tidak bisa membalas sampai pertandingan rampung.

Sementara itu, Albania sempat mengejutkan Azzurri dengan gol cepat mereka saat laga baru berjalan 23 detik, sebuah gol tercepat di sejarah turnamen. Namun, dua gol balasan setelah itu dari juara bertahan memaksa mereka pulang dengan tangan hampa dari Signal Iduna Park.

Dengan demikian, kemenangan pada pertandingan kedua ini sangat penting bagi kedua tim. Jika menelan kekalahan maka perjalanan mereka di ajang empat tahunan ini bisa saja hanya sampai di fase grup saja.

Kroasia sebenarnya termasuk salah satu yang diunggulkan di tahun ini, yang merupakan penampilan ketujuh mereka di turnamen atau keenam beruntun. Akan tetapi, hasil melawan Spanyol memangkas prediksi itu.

Walaupun tim berjuluk The Vatreni tersebut belum pernah kalah secara beruntun di putaran final tahun yang sama sejak Euro 1996, Albania sepertinya bukan lawan yang bisa dipandang sebelah mata saat mereka bersua untuk pertama kalinya dalam sepak bola internasional di level senior.

Untuk menjaga harapan melaju ke babak gugur maka Luka Modric dan kawan-kawannya harus mengamankan setidaknya satu poin di Hamburg sebelum sang juara bertahan menanti mereka di pertandingan terakhir grup nanti.

Di atas kertas, Kroasia masih bisa diunggulkan melawan Albania karena pengalaman yang mereka miliki. Pasalnya bagi lawan ini adalah penampilan kedua mereka di Euro sejak menjadi negara merdeka.

Tapi yang perlu diwaspadai Kroasia adalah catatan impresif yang dimiliki Albania. Hasil melawan Italia merupakan kekalahan kompetitif pertama mereka sejak Maret 2023 atau mengakhiri tujuh pertandingan tak terkalahkan di laga-laga resmi ke ajang ini.

Pasca kalah dalam pertandingan pembukaan kualifikasi Euro 2024 kontra Polandia, Albania kemudian melaju tanpa kekalahan dan finis di puncak klasemen grup di depan Republik Ceko di posisi kedua dan Polandia di tempat ketiga.

Sayangnya, hasil undian Euro 2024 tidak terlalu bagus buat mereka. Tiga tim kuat yang akan dihadapai otomatis menjadi tugas besar bagi mereka bahkan bisa meraih satu poin melawan Kroasia masih ada Spanyol dalam pertandingan terakhir grup.