Bagikan:

JAKARTA – Australia Open 2024 memasuki hari kedua pada Rabu, 12 Juni 2024. Sebanyak tujuh wakil Indonesia akan turun bermain di ajang berlevel Super 500 BWF tersebut.

Rangkaian pertandingan di Quaycentre, Sydney, Australia, dimulai pukul 09.00 waktu lokal atau pukul 06.00 WIB.

Ketujuh wakil Indonesia yang akan tampil ialah Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Putri Kusuma Wardani, Komang Ayu Cahya Dewi, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Komang akan menjadi wakil pertama Indonesia yang masuk lapangan. Dia bermain di partai pertama Lapangan 2 melawan tunggal putri tuan rumah, Victoria Tjonadi, yang lolos ke babak utama setelah melalui kualifikasi.

Putri kemudian menyusul di Lapangan 4. Tunggal putri berusia 21 tahun ini turun di partai kedua melawan tunggal putri Vietnam, Vu Thi Anh Thu. Ini adalah pertemuan kompetitif pertama antara kedua pebulu tangkis tersebut.

Berturut-turut di lapangan yang sama setelah Putri akan tampil ganda campuran Rehan/Lisa di partai kelima, tunggal putri Ester di pertandingan kesembilan, dan tunggal putra Alwi di laga kesebelas.

Sementara itu, Chico akan tampil pada partai keempat di Lapangan 3. Kakak kandung dari Ester ini dijadwalkan bentrok dengan tunggal putra tuan rumah, Jack Yu.

Satu pertandingan lainnya menampikan ganda campuran Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata. Pasangan ini tampil pada laga kedelapan di Lapangan 1.

Jafar/Aisyah akan bersua dengan mantan rekan mereka di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) PBSI Cipayung, yakni Pramudya Kusumawardana. Pram sekarang membawa bendera Australia bersama Nozomi Shimizu.

Selain bermain di ganda campuran, Pram juga tampil bersama Andika Ramadiansyah di ganda putra. Di nomor itu keduanya sudah memenangi pertandingan babak pertama mereka.

Indonesia sebenarnya masih punya ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi. Namun, pasangan ini mendapat undian kosong di babak pertama sehingga langsung memainkan babak kedua turnamen melawan Priska Kustiadi/Nozomi Shimizu.

Selain Ana/Tiwi, Indonesia juga mengamankan satu tiket babak kedua lainnya melalui ganda putra veteran Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Pasangan ini melewati babak pertama usai mengadang ganda tuan rumah, Lukas Defolky/Ricky Tang, Selasa, 11 Juni 2024.

Jadwal 7 Wakil Indonesia di Australia Open 2024

Lapangan 1

Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata vs Pramudya Kusumawardana (Australia)

Lapangan 2

Komang Ayu Cahya Dewi vs Victoria Tjonadi (Australia)

Lapangan 3

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Jack Yu (Australia)

Lapangan 4

Putri Kusuma Wardani vs Vu Thi Anh Thu (Vietnam)

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Choong Hon Jian/Go Pie Kee (Malaysia)

Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Huang Yu-Hsun (China Taipei)

Alwi Farhan vs Mithun Manjunath (India)