Real Madrid Berduka atas Meninggalnya Legenda Klub, Miguel Angel Gonzalez
Real Madrid berduka atas meninggalnya Legenda Klub, Miguel Angel Gonzalez (foto: @VeteranosRM)

Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid C.F., bersama Presidennya dan Dewan Direktur, berduka mengumumkan kematian Miguel Angel Gonzalez, salah satu kiper terbesar dalam sejarah klub. Almarhum adalah seorang legenda Real Madrid dan sepak bola Spanyol," demikian dimulai pernyataan resmi yang diterbitkan oleh klub melalui media sosial dan situs web mereka pada  Selasa pagi, 6 Februari.

"Real Madrid ingin menyampaikan belasungkawa dan kasih sayang kepada istrinya, Maria del Pilar, putranya Miguel Angel, cucunya Daniela dan Mauro, keluarganya, rekan-rekan setimnya, dan semua orang yang dicintainya.”

"Dalam 18 musim di mana Miguel Angel mengenakan seragam Real Madrid, dari tahun 1968 hingga 1986, ia memenangkan dua Piala UEFA, delapan gelar La Liga, lima Piala Spanyol, dan satu Piala Liga. Pada musim 1975-1976, ia memenangkan Trofi Zamora," tambah klub tersebut.

Madrid mencatat bahwa Miguel Angel telah mewakili negaranya sebanyak 18 kali dan bermain di Piala Dunia yang diselenggarakan di Argentina pada tahun 1978 dan di Spanyol pada tahun 1982.

"Miguel Angel telah terkait dengan Real Madrid praktis sepanjang hidupnya. Selain 18 musim sebagai pemain, ia juga memiliki tanggung jawab berbeda sebagai delegasi tim utama, pelatih kiper, dan direktur Ciudad Deportiva mantan Real Madrid.”

"Miguel Angel meninggal dunia pada usia 76 tahun. Real Madrid mengucapkan belasungkawa kepada semua Madridistas. Semoga beristirahat dengan tenang," demikian pernyataan tersebut.

Seperti yang disebutkan Madrid, Miguel Angel Gonzalez terkait dengan Los Blancos sebagian besar dalam hidupnya. Namun, ia memulai karirnya dengan bermain bola tangan sebelum mendapatkan kesempatan pertamanya dalam sepak bola di AD Couto.

Pada tahun 1967, ia bergabung dengan Real Madrid dan dipinjamkan ke Castellon untuk musim pertamanya di bawah kontrak mereka.

Mulai tahun berikutnya, ia hanya bermain untuk klub dari ibu kota Spanyol tersebut dan menjadi pilihan utama sebagai penjaga gawang dari tahun 1974 hingga 1978.

Pensiun pada tahun 1986 menjelang usia 39 tahun, ia tetap terikat dengan Madrid dalam beberapa peran di klub.

Pada akhir hidupnya, pada Desember 2022, Miguel Angel didiagnosis menderita ALS yang mendorong klub untuk mengekspresikan dukungan atas perjuangannya melawan penyakit tersebut melalui pernyataan resmi.