Singkirkan Stuttgart, Leverkusen Secara Dramatis ke Semifinal Piala Jerman
Bek Bayer Leverkusen Jonathan Tah saat mencetak gol lewat sundulan di laga Piala Jerman melawan Stuttgart. (X/@bayer04fussball)

Bagikan:

JAKARTA - Bayer Leverkusen menjaga peluang meraih double winners. Pada laga perempat final Piala Jerman atau DFB Pokal di Stadion BayArena, Rabu, 7 Februari 2024 dini hari WIB, Leverkuen menyingkirkan lawan berat sesama tim Bundesliga Jerman, VfB Stuttgart setelah menang dramatis 3-2. Levekusen pun melangkah ke semifinal.

Laga tak mudah Leverkusen. Apalagi, tim digoyang isu bakal ditinggalkan pelatih Xabi Alonso untuk menggantikan Jurgen Klopp menangani Liverpool.

Tak hanya itu, duel melawan Stuttgart menjadi big match di Piala Jerman. Bila Leverkusen masih memimpin puncak klasemen, sebaliknya Stuttgart bertengger di posisi tiga dengan poin 40.

Meski sudah mengamankan posisi di zona Liga Champions, namun Stuttgart sudah sulit bersaing memperebutkan titel liga karena tertinggal 12 poin dengan Leverkusen. Sementara, Bayern Munchen yang menduduki peringkat dua memiliki poin 50.

Dalam duel di kandang Leverkusen, tim tamu pun nyaris menang. Namun Leverkusen mampu membalikkan keadaan dan kemenangan mereka ditentukan Jonathan Tah di menit terakhir.

Kemenangan ini menjadikan Leverkusen menjaga peluang meraih gelar ganda. Hanya, mereka masih bersaing ketat dengan Bayern di kompetisi domestik. Begitu pula di Piala Jerman, Leverkusen butuh konsistensi karena sudah memasuki tahap akhir.

Dalam duel itu, Leverkusen terlambat start sehingga agak keteteran menghadapi tekanan Stuttgart. Hasilnya, Stuttgart unggul lebih dulu saat sundulan bek Waldemar Anton membobol gawang Leverkusen di menit 11.

Tertinggal 1-0, Leverkusen akhirnya bangkit dan berusaha mengejar ketinggalan. Namun usaha mereka masih belum berhasil. Stuttgart mempertahankan keunggulannya sampai akhir babak pertama

Di babak kedua, Leverkusen langsung menggebrak pertahanan Stuttgart. Strategi menyerang dari Alonso pun membuahkan hasil saat laga baru berjalan lima menit.

Gelandang Robert Andrich sukses menyamakan skor menjadi 1-1 setelah melepaskan tendangan ke sudut gawang lawan.

Namun Stuttgart memberi respons cepat dengan kembali unggul 2-1 di menit 58. Leverkusen kehilangan penguasaan bola yang kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh Chris Fuehrich.

Laga makin memanas karena Leverkusen menolak menyerah. Mereka tetap bermain agresif dan berusaha mengejar ketinggalan gol. Kesabaran pasukan Alonso memang membuahkan hasil. Di menit 66, Amine Adl yang menyambut assist Florian Wirtz sukses menaklukan kiper Alexander Nuebel.

Dalam kedudukan 2-2, Leverkusen kian bersemangat menuntaskan laga dengan kemenangan. Hanya laga diprediksi bakal diselesaikan extra time setelah kedua tim gagal membobol gawang lawan.

Namun saat memasuki injury time, Wirtz berhasil melakukan penetrasi di daerah pertahanan Stuttgart. Pemain tim nasional Jerman ini kemudian melepaskan umpan silang kepada Tah.

Bek berusia 27 yang menghabiskan karier di Leverkusen ini pun menyelesaikan peluang itu secara maksimal yang menjadikan Leverkusen menang 3-2.

Kemenangan yang membawa mereka ke semifinal pun menjadi modal berharga Leverkusen menghadapi Bayern di big match Bundesliga akhir pekan ini.