Bagikan:

JAKARTA - Liverpool dan Chelsea melakukan pemanasan sebelum berlaga di final Carabao Cup, 25 Februari 2024. Sebelum duel di final itu, mereka bertemu lebih dulu di Liga Inggris 2023/2024.

Meski jadi laga tak mudah, Liverpool sedikit di atas angin saat menjamu Chelsea di Stadion Anfield, Liverpool, Kamis, 1 Februari 2024, dini hari WIB.

Liverpool masih diwarnai kegalauan setelah Manajer Jurgen Klopp menyatakan bakal mundur setelah berakhirnya kompetisi. Siapa yang menjadi suksesor Klopp masih menjadi tanda-tanya.

Namun, keputusan mundur Klopp juga menjadi pemicu adrenalin pemain. Mereka bakal habis-habisan demi memberi kado terakhir berupa trofi juara. Bahkan, Virgil van Dijk kian termotivasi meraih quadruple.

Pasalnya, Liverpool tidak hanya mencapai final di Carabao Cup, tetapi juga lolos ke 16 besar Liga Europa dan masih bertahan di Piala FA.

Liverpool juga memimpin klasemen Liga Inggris 2023/2024. Peluang menjaga posisi harus dimaksimalkan saat The Reds menjamu Chelsea. Bila sampai gagal, Liverpool mendapat ancaman serius dari Manchester City yang bertemu lawan enteng, Burnley.

Liverpool memang sedang on fire. Setelah menang telak 4-0 ats Bournemouth di kompetisi domestik, The Kop kemudian menggulung Norwich City 5-2 di Piala FA. Sebelumnya, Liverpool bermain imbang 1-1 melawan Fulham yang membawa mereka ke final Carabao Cup.

Pada laga ini, Klopp masih bisa menurunkan skuat terbaik meski belum diperkuat Mohamed Salah.

Meski Mesir sudah tersingkir di Piala Afrika 2023, Salah masih belum pulih dari cedera hamstring. Sementara gelandang Wataru Endo masih membela Jepang yang bertahan di Piala Asia 2023.

Tanpa Salah, Liverpool tetap optimistis mempertahankan rekor tak terkalahkan. Saat ini, Liverpool tercatat tak pernah kalah selama 10 pertandingan terakhir di berbagai kompetisi.

Sementara, Chelsea sudah mulai stabil di Liga Inggris. Klub London Barat ini tercatat memenangi tiga pertandingan di kompetisi. Penampilan Chelsea juga sangat meyakinkan saat menghajar Middlesbrough 6-1 di Carabao Cup.

Namun, tim asuhan Mauricio Pochettino ini kemudian ditahan Aston Villa 0-0 di Piala FA. Buntutnya, mereka harus melakoni laga ulang di kandang Villa.

Pada duel ini, Chelsea bakal memainkan skema 4-2-3-1. Striker Nicolas Jackson telah kembali usai memperkuat Senegal di Piala Afrika. Hanya saja dirinya kemungkinan tidak langsung dimainkan di big match tersebut.

Kiper Robert Sanchez masih absen karena cedera. Posisinya kembali digantikan Djordje Petrovic. Sedangkan duo bek Axel Disasi dan Ben Chilwell sudah bisa menjadi starter.

Bila Jackson tak menjadi starter maka Cole Palmer yang akan dimainkan. Dirinya ditopang mantan pemain depan Liverpool Raheem Sterling

Pada big match itu, Liverpool sedikit diunggulkan. Namun, konsistensi The Blues sudah mulai terlihat sehingga bisa merusak skenario Liverpool.

"Ini laga istimewa bagi dia (Klopp). Harus diakui setiap kali bermain di Anfield, mereka seperti menggelar pesta. Namun, kami tidak akan larut dalam pesta. Kami datang ke sana untuk menang. Itu target kami," ucap Pochettino.

Prakiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson; Jones, Mac Allister, Gravenberch; Jota, Nunez, Diaz

Chelsea (4-1-4-1): Petrovic; Disasi, Silva, Badiashile, Chilwell; Caicedo, Fernandez; Palmer, Gallagher, Sterling; Palmer