Bagikan:

JAKARTA – Indonesia Masters 2024 telah selesai pada 28 Januari 2024 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Sejumlah aksi-aksi memukau para pebulu tangkis menjadi sorotan.

Ternyata, tak cuma adu keahlian pebulu tangkis yang menuai perhatian. Pencinta bulu tangkis Tanah Air juga tertuju kepada paras cantik beberapa peserta yang berlaga di Istora.

Salah satunya pebulu tangkis asal Thailand, Pitchamon Opatniputh. Dia ikut meramaikan Indonesia Masters 2024 dari babak kualifikasi.

Dia berjumpa wakil Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo. Menariknya, ini merupakan debut Pitchamon di Indonesia Masters.

Pebulu tangkis 17 tahun itu pun kaget melihat keriuhan di Istora Senayan. Bahkan, dia tak menyangka sudah punya fans di Indonesia.

"Saya merasa sangat bergairan tampil di Indonesia Masters 2024. Saya berkomitmen untuk memberikan yang terbaik."

"Atmosfer sangat ramai. Saya banyak fans ternyata di Indonesia. Terima kasih kalian semua fans di Indonesia," ujar Pitchamon di Instagram pribadinya.

Sayang, perjalanan Pitchamon di Indonesia Masters 2024 langsung terhenti di laga pertamanya. Dia harus mundur pada awal set kedua karena mengalami cedera.

"Saya ingin melakukan yang terbaik, tapi cedera saya kambuh dan itu sangat sakit. Padahal, saya excited sekali."

"Dia (Ester) bermain sangat baik, tapi saya harus mundur. Sangat sakit rasanya. Saya memang sudah mengalami cedera sebelumnya. Ternyata, saya cuma sanggup bermain di set satu, lalu di set kedua tidak lama."

pitchamon
Pitchamon Opatniputh saat tampil di Indonesia Masters 2024 (dok. Thaitoday).

"Pertama, saya awalnya bisa bermain. Namun, ketika saya bermain lebih keras dan intens, itu (cedera) sakit lagi," kata Pitchamon.

Seperti diketahui, Pitchamon bisa melewati set pertama melawan Ester meski kalah 12-21. Pada set kedua, dia sudah tak sanggup menahan sakit akibat cederanya saat tertinggal 1-3.

Menariknya, pertemuan Pitchamon dan Ester di Indonesia Masters 2024 ternyata bukan yang pertama. Mereka tercatat sudah berjumpa tiga kali sebelumnya di ajang kompetitif.

Pitchamon selalu keluar sebagai pemenang pada tiga pertemuan sebelum Indonesia Masters 2024 melawan Ester.

Kemenangan perdananya atas Ester terjadi di Jakarta Open Junior International Championships 2018. Lalu, dia kembali menang di Korea Junior Open International Challenge pada tahun yang sama.

Kemenangan ketiga Pitchamon atas Ester terjadi pada 2022. Ia mengalahkan Ester dua gim langsung di babak final Bahrain International Challenge di The Bahrain Keraleeya Samajam.

Sementara itu, Pitchamon langsung bertolak ke Thailand usai mundur melawan Ester di Indonesia Masters 2024 untuk menjalani pemulihan.

pitchamon
Pitchamon Opatniputh membutuhkan kursi roda saat pulang ke Thailand.

Walaupun cuma sebentar tampil di Istora, Pitchamon memberikan warna tersendiri buat Indonesia Masters 2024.

Terlepas dari itu, talenta Pitchamon masih akan berkembang mengingat usianya masih sangat muda. Meski demikian, dia sudah dilirik menjadi andalan Thailand.

Dia lahir di Chiang Mai, Thailand, pada 4 Januari 2007. Pitchamon memulai karier bulu tangkisnya sejak berusia lima tahun.

Pada awal perjalanannya, ia dilatih langsung oleh sang ayah di Thai Smile Badminton Club. Dia pun kemudian menjadi pebulu tangkis termuda yang dipanggil masuk ke tim Thailand ketika masih berusia 13 tahun.

Kemudian pada usia 15 tahun, Pitchamon ikut membela Thailand di SEA Games 2022. Namanya masuk dalam daftar ketika melawan Indonesia di kategori beregu putri.

Ketika itu, Pitchamon diatur untuk melawan Saifi Rizka Nurhidayah di laga terakhir. Namun, ia kemudian tidak bermain setelah Thailand mengalahkan Indonesia dengan skor telak 3-0.