Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Komang Ayu Cahya Dewi sama-sama akan bersua unggulan di babak perempat final Thailand Open 2024.

Kedua pebulu tangkis itu lolos ke delapan besar pada Kamis, 16 Mei 2024, siang WIB. Mereka berdua adalah tunggal putri Indonesia yang tersisa dari empat wakil yang dikirim ke ajang berlevel Super 500 BWF ini.

Gregoria terlebih dahulu mendapat tiket setelah wakil tuan rumah, Busanan Ongbamrungphan, memutuskan mundur karena cedera pada gim kedua.

Pada babak perempat final nanti, Gregoria yang merupakan unggulan ketiga akan bersua wakil tuan rumah lainnya, yakni Supanida Katethong. Unggulan keenam itu lolos usai mengadang rekan senegaranya, Pitchamon Opatniputh.

"Pasti lawan bakal mendapat dukungan yang lebih dari suporter tuan rumah. Jadi, saya ingin melakukan yang terbaik. Ingin mengeluarkan yang terbaik yang saya miliki," ujar Gregoria.

Di atas kertas, sebelumnya Gregoria dan Pitchamon sudah bersua sebanyak enam kali. Dari jumlah itu, Gregoria masih unggul menang-kalah 5–1.

Jika dibanding Gregoria maka Komang mendapat lawan yang jauh lebih sulit di babak perempat final. Pasalnya, pebulu tangkis asal Bali itu akan bersua dengan unggulan pertama China, Han Yue.

Komang melewati babak kedua turnamen dengan mengalahkan wakil Korea Selatan, Sim Yu Jin. Sementara itu, Han Yue memulangkan wakil India, Ashmita Chaliha.

Komang dan Han Yue sebelumnya pernah bersua satu kali di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia pada 2022. Saat itu, Komang memenangi pertandingan dua gim langsung.

"Menghadapi pertandingan di babak delapan besar, saya akan pemulihan dulu, mengembalikan kebugaran badan. Untuk bagaimana strategi dan pola bermain, saya akan diskusi dengan pelatih," kata Komang.