Bagikan:

JAKARTA – Komang Ayu Cahya Dewi memastikan diri menjadi tunggal putri pertama Indonesia yang mencapai babak kedua Hong Kong Open 2024.

Pebulu tangkis asal Bali tersebut melewati babak pertama turnamen ini setelah menang dua gim langsung 21-16 dan 23-21 atas tunggal putri India, Tanya Hemanth, pada Rabu, 11 September 2024, pagi WIB.

Komang yang tampil solid pada gim pertama dalam pertandingan ini mengatakan bahwa masih banyak kendala di lapangan yang ia rasakan sehingga membuatnya kesulitan pada gim kedua.

"Beruntung ketika tertinggal tadi, saya bisa menemukan lagi ritme yang tepat dan membalikkan keadaan," kata dia dalam keterangan yang diterima dari PBSI.

Ini merupakan turnamen kedua Komang dalam bulan ini. Sebelumnya, atlet 21 tahun itu tampil di China Taipei Open 2024 yang berlangsung pekan kemarin.

Ketika bermain di sana, pebulu tangkis kelahiran Buleleng ini angkat koper paling awal. Ia pulang di babak pertama setelah kalah melawan tunggal China Taipei, Liang Ting Yu.

Komang berharap hasil tidak memuaskan tersebut bisa dibayar di Hong Kong yang berlevel lebih tinggi di dalam kalender BWF World Tour.

"Setelah hasil kurang bagus di China Taipei Open 2024 minggu lalu, secara kesiapan baik fisik maupun mental saya merasa sudah lebih baik sekarang. Saya mau usahakan yang terbaik di turnamen ini," kata dia.

Pada babak kedua, Komang akan ditantang oleh tunggal putri asal Thailand, Pornpawee Chochuwong. Ini akan menjadi bentrok kompetitif pertama antara kedua pebulu tangkis tersebut.

Komang adalah satu dari tiga tunggal putri Indonesia yang bermain di Hong Kong. Dua lainnya adalah Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.