Bagikan:

JAKARTA - Striker Niclas Fullkrug secara tiba-tiba dicoret dari starting eleven Jerman saat menghadapi Belanda di laga UEFA Nations League. Dia digantikan Deniz Undav hanya beberapa saat sebelum kick-off dalam laga di Stadion Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Rabu, 11 September 2024 dini hari WIB.

Fullkrug mengalami cedera betis sebelum pertandingan. Pelatih Julian Nagelsmann langsung mencoret Fullkrug dan tak ingin memaksakan striker West Ham United ini bermain. Tak hanya itu, penyerang berusia 31 ini langsung diterbangkan ke London untuk menjalani perawatan dan pemulihan di klubnya, West Ham.

Posisi Fullkrug kemudian digantikan Undav yang mencetak gol pertama Jerman sekaligus menyamakan skor menjadi 1-1. Sebelumnya, Jerman tertinggal lebih dulu lewat gol cepat Tijjani Reijnders.

Ternyata, bukan tanpa alasan Nagelsmann menarik Fullkrug dan mengirimnya ke London tanpa menunggu tim Jerman menyelesaikan pertandingan. Menurut dia meski cedera pemainnya tidak serius, tetapi Nagelsmann tak ingin mengambil risiko.

"Cederanya tidak serius. Hanya saja, cedera dia di bagian yang cukup rawan karena di area itu merupakan transisi tendon achiles di bawah betis," ucap Nagelsman.

Nagelsmann, lebih lanjut, mengatakan bila cederanya bertambah parah, maka proses pemulihannya bakal lebih lama. Ini yang menjadikan Fullkrug langsung dikembalikan ke klub agar menjalani perawatan dini.

"Bila terjadi sesuatu pada bagian yang sudah cedera, maka proses penyembuhannya bakal lebih lama. Itulah mengapa kami tak ingin mengambil risiko," kata eks pelatih Bayern Munchen ini.

"Dengan kondisinya sekarang ini, dia hanya perlu beristirahat selama beberapa hari. Ini berarti dia tak bisa bermain di pertandingan Premier League Inggris akhir pekan ini," ujarnya lagi.

Fullkrug sempat menjadi pilihan pertama saat Jerman menghadapi Hungaria di pertandingan UEFA Nations League. Dia ditempatkan sebagai ujung tombak tunggal di laga yang dimenangkan Jerman 5-0 ini. Fullkrug sendiri menyumbang satu gol yang membuka pesta kemenangan Die Mannschaft.

Saat eks penyerang Borussia Dortmund ini absen di laga melawan Belanda, Jerman gagal menang dan hanya mampu bermain imbang 2-2.

Fullkrug sendiri bakal absen dalam London Derby saat West Ham menyambangi markas Fulham di pertandingan Liga Premier, Sabtu, 14 September 2024 malam WIB.

Meski dibeli dengan harga mahal, yaitu 27 juta poundsterling, namun Fullkrug tak kunjung menjadi starter. Dia lebih sering menjadi pemain pengganti selama tiga laga pertama The Hammers.