Kalahkan AS, Debut Manis Julian Nagelsmann di Timnas Jerman
Kapten Jerman Ilkay Gundogan dibayangi pemain Amerika Serikat di pertandingan uji coba. (Twitter @(DFB_Team)

Bagikan:

JAKARTA – Timnas Jerman meraih kemenangan 3-1 atas tuan rumah Amerika Serikat dalam laga uji coba internasional. Kemenangan ini menandai debut manis Julian Nagelsmann bersama Tim Panser.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Rentschler Field, East Hartford, Connecticut, AS, Minggu (15/10) dinihari WIB, tuan rumah yang unggul lebih dulu melalui Christian Pulisic harus mengakui ketangguhan Jerman melalui gelontoran gol dari Ilkay Gundogan, Niclas Fullkrug dan Jamal Musiala.

Jalannya laga berlangsung menarik karena kedua tim memainkan gaya sepakbola cepat yang menghibur penonton. Suporter tuan rumah bersorak pada menit ke-27 usai Pulisic menjebol gawang Jerman yang dijaga Marc-Andre ter Stegen.

Pemain sayap AC Milan itu menerobos masuk dari sayap kiri dan melakukan cut-in ke kotak penalti Jerman. Setelah mengecoh Antonio Rudiger, Pulisic menendang bola ke sudut atas tanpa bisa dijangkau ter Stegen.

Sayang keunggulan itu tak bertahan lama. Tim besutan Julian Nagelsmann berhasil menyamakan skor pada menit ke-39. Gol di awali pergerakan Leroy Sane yang melakukan umpan satu dua dengan Ilkay Gundogan. Meski Sane gagal mengecoh Matt Turner, bola jatuh ke kaki Gundogan yang langsung menceploskan ke gawang AS. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Usai rehat, Jerman mulai mendominasi permainan. Dominasi tim tamu membuahkan hasil pada menit ke-58. Kerja sama apik Jamal Musiala dan Niclas Fullkrug membuat lini belakang AS terbuka. Hal ini membuat Fullkrug dengan mudah menjebol gawang Turner untuk kedua kalinya.

Kombinasi Musiala dan Fullkrug kembali menjadi mimpi buruk tim tuan rumah. Dribbling memukau Musiala yang dilanjutkan umpan pada Fullkrug membuat Musiala dengan mudah melakukan tap-in ke gawang AS usai menerima umpan balik dari Fullkrug.

Skor 3-1 untuk keunggulan Timnas Jerman atas AS bertahan hingga laga usai. Kemenangan yang sangat berarti bagi Julian Nagelsmann yang menggantikan Hansi Flick usai rentetan hasil buruk Tim Panser.