Bagikan:

JAKARTA - Sebelum menggunakan NOAH sebagai nama band, Ariel cs debut di industri musik nasional dengan band bernama Peterpan pada tahun 2000 lalu.

Ariel pun menjelaskan alasan perubahan nama tersebut. Menurutnya, nama Peterpan bukanlah miliknya dan personel lain.

"Menurut gua pribadi, memang nama Peterpan itu bukan milik kita," kata Ariel saat menjadi tamu di kanal YouTube Ferdy ELEMENT, dilihat Sabtu, 14 Oktober.

Sebagaimana telah diketahui banyak orang, kata Ariel, Peterpan sudah menjadi milik Walt Disney, jauh sebelum dia gunakan sebagai nama band.

Pria dengan nama lengkap Nazril Irham itu melihat pemilihan Peterpan sebagai nama band bukanlah sesuatu yang orisinal.

"Kita nggak punya hak untuk bilang Peterpan punya kita. Karena memang bukan orisinal dari kita," ujar Ariel.

"Peterpan punya Walt Disney. Satu-satunya orang yang berhak bilang 'Peterpan punya saya', ya Walt Disney," sambungnya.

Lebih lanjut, Ariel bersyukur saat nama Peterpan digunakan, internet belum semasif sekarang, sehingga orang dari luar negeri tidak banyak mengetahuinya.

Menurut Ariel, bukan tidak mungkin Peterpan sebagai band saat itu harus berurusan dengan hukum.

"Untung belum zaman internet. Lu kebayang nggak kalau semisal pas tahun 2005 udah zaman internet," kata Ariel.

"Kalau itu, sekarang, gue nggak yakin, bisa jadi kita di-sue (dituntut). ‘Lu pakai nama Peterpan, itu karakter gua’, kata Disney kan gitu," imbuhnya.

Sebagai informasi, Peter Pan merupakan film animasi yang diproduksi Walt Disney dan sudah ditayangkan ke teater oleh Buena Vista Pictures pada 5 Februari 1953.

Animasi ini merupakan seri ke-14 dari Walt Disney Animated Classics series. Film dengan karakter utama bernama Peter Pan itu masuk nominasi pada Cannes Film Festival tahun 1953.