Debut Gemilang Julian Nagelsmann, Jerman Taklukkan Amerika Serikat
Kapten Jerman Ilkay Gundogan dibayangi pemain Amerika Serikat di pertandingan uji coba. (Twitter @(DFB_Team)

Bagikan:

JAKARTA - Jerman memasuki era baru bersama pelatih Julian Nagelsmann. Dia membuktikan kinerjanya dengan membawa Jerman menang 3-1 atas Amerika Serikat dalam laga uji coba di Stadion Pratt & Whitney, Connecticut, Minggu, 15 Oktober dini hari WIB. Ini menjadi debut mengesankan Nagelsman.

Nagelsmann baru satu bulan ditunjuk sebagai pelatih anyar Jerman menggantikan Hansi Flick yang diberhentikan pada September 2023.

Hasil buruk di serangkaian 17 uji coba karena hanya menang empat kali menjadikan kinerja Flick dievaluasi. Puncaknya saat Die Mannschaft kalah telak 4-1 dari Jepang.

Flick akhirnya dipecat dan digantikan Nagelsman yang saat itu masih menganggur. Sebelumnya, Nagelsman juga menggantikan Flick sebagai pelatih Bayern Munchen.

Hanya saja, dirinya kemudian diberhentikan meski membawa Bayern meraih sukses. Selama menganggur, Nagelsmann sesungguhnya mendapat tawaran di berbagai klub. Mulai Paris Saint-Germain, Borussia Dortmund dan Tottenham Hotspur. Bahkan Real Madrid sempat membidik Nagelsman.

Namun dia menolak semua tawaran itu sampai akhirnya Nagelsmann menjadi pelatih timnas Jerman. Menariknya, jabatan itu disebut-sebut akan diserahkan kepada manajer Liverpool Juergen Klopp.

Bahkan Kloop diizinkan tetap menangani Liverpool meski sudah menjadi pelatih Jerman. Tetapi Klopp menolak dan ingin sepenuhnya fokus di Liverpool.

Jerman yang bertindak sebagai tuan rumah Euro 2024 memang sudah pasti lolos dan tidak ikut babak kualifikasi. Ini yang menjadikan tim itu harus melakukan banyak uji coba sebagai persiapan menghadapi turnamen di kandang sendiri.

Bila hasil uji coba mengecewakan, Jerman pun harus berpikir ulang mengenai kesiapan tim. Nagelsman pun tampaknya memenuhi ekspetasi

Pelatih yang barusia 36 ini pun mengawali tugasnya dengan hasil memuaskan. Padahal dia hanya memiliki waktu tiga pekan untuk mempersiapkan tim. Di uji coba pertama, dia langsung menurunkan skuat terbaik.

Di laga itu, Jerman tertinggal lebih dulu saat Christian Pulisic mencetak dari jarak dekat. Gol dari pemain AC Milan ini tercipta di menit 27.

Sebelumnya, dia juga sudah membobol gawang Jerman yang dikawal Marc-Andre ter Stegen. Hanya saja gol dia dianulir karena dalam posisi offside.

Keunggulan AS tak bertahan lama. Di menit 39, gelandang Ilkay Gundogan sukses menyamakan kedudukan. Gol itu tercipta lewat kerjasama apik Leroy Sane dengan Gundogan.

Kolaborasi ini diakhiri dengan sepakan Gundogan yang menaklukkan kiper Matt Turner. Skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Jerman bermain lebih agresif. Hasilnya, mereka berbalik unggul saat striker Niclas Fullkrug yang memanfaatkan umpan Robin Gosens menjebol gawang AS di menit 58.

Selanjutnya Fullkrug berperan dalam proses terciptanya gol ketiga yang memantapkan kemenangan Jerman.

Penyerang Dortmund ini berhasil menguasai bola liar atau rebound yang kemudian melepaskan umpan silang ke depan gawang. Peluang itu pun langsung disambar Jamal Musiala dengan memasukkan bola ke gawang yang skor di menit 61.

Skor menjadi 3-1 untuk Jerman. Tidak ada lagi gol tercipta dan skor tidak berubah sampai akhir laga. Kemenangan in menjadi modal berharga Jerman yang kembali beruji coba melawan Meksiko di Philadelphia, Rabu mendatang.