Bagikan:

JAKARTA – Putri Kusuma Wardani menjadi harapan terakhir Indonesia dari sektor tunggal putri setelah dia sendirian berhasil melaju ke perempat final Hong Kong Open 2024.

Pebulu tangkis berusia 22 tahun itu melewati babak kedua turnamen tanpa mengeluarkan banyak keringat ketika melawan mantan nomor satu dunia dan unggulan pertama asal China Taipei, Tai Tzu Ying, pada Kamis, 12 September 2024, petang WIB.

Keduanya total baru mendapat delapan poin ketika Tai Tzu Ying memutuskan untuk mundur karena cedera. Ia sedang tertinggal 2-6 dari Putri ketika harus menarik diri dari turnamen.

"Memang sejak di China Taipei Open 2024 pekan lalu, saya melihat Tai Tzu Ying belum 100 persen. Tadi juga terlihat dia agak sakit, tetapi saya tidak tahu dia akan mundur," ujar Putri dalam keterangan yang diterima.

Hasil itu merupakan kemenangan kedua beruntun Putri atas pebulu tangkis berusia 30 tahun tersebut.

Putri sebelumnya memenangi bentrok kompetitif pertama mereka di perempat final China Taipei Open 2024 pekan lalu dalam pertandingan sengit tiga gim.

"Pastinya bukan pertandingan yang kita inginkan. Saya berharap cedera dia tidak serius dan bisa segera pulih. Doa terbaik saya untuk Tai Tzu Ying," ujar Putri.

Putri sebenarnya bersama-sama dengan Gregoria Mariska Tunjung dan Komang Ayu Cahya Dewi lolos ke babak kedua turnamen. Namun, dua rekannya itu sudah angkat koper setelah sama-sama dihajar wakil Thailand.

Komang tersingkir setelah kalah melawan Pornpawee Chochuwong, sementara peraih medali perunggu Olimpiade Paris 2024, Gregoria, kalah melawan Ratchanok Intanon.