Girona Lengserkan Real Madrid dan Rebut Kembali Takhta Klasemen La Liga
Kiper Girona Paulo Gazzaniga tampil gemilang saat menghadapi Celta Vigo di La Liga Spanyol. (X/@GironaFC)

Bagikan:

JAKARTA - Girona kembali melengserkan Real Madrid dan merebut takhta klasemen La Liga Spanyol. Dalam duel di Stadion Abanca Balaidos, Minggu 28 Januari 2024 malam WIB, Girona menang tipis 1-0 atas tuan rumah Celta Vigo.

Pertarungan belum berakhir. Real Madrid sempat merebut posisi puncak setelah menang 2-1 atas Las Palmas, Minggu, dini hari WB.

Namun Madrid tak berlama-lama menduduki takhta klasemen. Girona kembali mengambil alih posisi itu setelah mendapatkan tambahan tiga poin di pertandingan tandang.

Kemenangan atas Celta menjadikan Girona mengantungi poin 55. Mereka unggul satu poin dari Madrid yang turun ke peringkat dua .

Hanya saja, Madrid masih menyimpan satu pertandingan. Ini memungkinkan Los Merengues merebut kembali posisinya.

Sementara, Celta harus waspada. Pasalnya mereka menempati peringkat 16 dengan memiliki 17 poin. Celta hanya unggul satu poin dengan Cadiz yang berada di zona degradasi.

Di pertandingan itu, Girona sepenuhnya menguasai permainan. Namun mereka kesulitan mencetak gol karena cukup kuatnya pertahanan Celta.

Gelandang Yangel Herrera sudah mengancam gawang Celta d menit-menit awal pertandingan.

Selanjutnya, Girona kembali mendapat peluang melalui striker Artem Dovbyk. Namun sundulannya bisa digagalkan kiper Vicente Guaita.

Dovbyk yang menjadi top skor liga bersama bintang Madrid, Jude Bellingham, setelah sama-sama mengemas 14 gol kembali mengancam pertahanan tuan rumah. Namun lagi-lagi usahanya masih gagal.

Kesabaran pemain Girona akhirnya memberi hasil di menit 20. Lewat serangan balik yang dipimpin Miguel Gutierrez dan bola kemudian diterima Portu.

Setelah menguasai bola pemain sayap Spanyol ini memperlihatkan aksi individu sebelum melepaskan tendangan ke gawang Celta.

Di pertandingan itu, kiper Girona Paulo Gazzaniga menunjukkan performa terbaik. Dirinya melakukan sejumlah penyelamatan yang membantu tim mengamankan tiga poin.

Penyelamatan terbaik dilakukan saat dia menggagalkan peluang emas Oscar Mingueza.

Di babak kedua, dia tetap tampil gemilang sehingga beberapa peluang Celta juga tak membuahkan hasil. Sampai akhir laga, skor tetap satu gol untuk Girona.

"Kami tahu kami harus memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. Kami menciptakan banyak peluang untuk mencetak gol. Mereka juga punya peluang sama," kata Portu menanggapi kemenangan tim.

"Dalam situasi saat ini, kemenangan di liga sangat penting karena menjadikan kami bisa tetap bersaing," ucapnya lagi.