Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid berhasil merebut posisi puncak klasemen setelah mengalahkan tim papan bawah Granada 2-0 di pertandingan La Liga Spanyol, Minggu, 3 Desember dini hari WIB. Keberhasilan Madrid ke puncak ditentukan lewat keunggulan selisih gol dengan Girona.

Persaingan di La Liga memang cukup menarik musim ini. Madrid tidak lagi berseteru dengan Barcelona atau rival satu kota, Atletico Madrid.

Girona yang justru menjadi pesaing serius Madrid dalam perburuan gelar juara liga. Memasuki pekan ke-15, Madrid akhirnya bisa melengserkan Girona.

Sebelumnya, Girona menempati posisi teratas setelah mengalahkan Valencia 2-1. Namun Madrid yang kemudian merebut takhta klasemen setelah mengalahkan Granada.

Baik Madrid maupun Girona sama-sama mengantungi poin 38. Hanya saja, Los Blancos unggul selisih gol sehingga berada di puncak.

Sementara, Atletico dan Barca menempati peringkat tiga dan empat. Kedua tim sama-sama memiliki poin 31 sehingga sudah ditinggalkan Madrid dan Girona.

Granada sendiri berada di zona degradasi dan terancam kembali ke divisi bawah musim depan. Mereka baru sekali meraih kemenangan dan mengantungi poin tujuh.

Di laga itu, Madrid menunjukkan keperkasaannya atas Granada. Meski kehilangan sejumlah pemain reguler, termasuk Luka Modric dan Vinicius Junior, namun penguasaan bola mereka tetap mencapai 71 persen.

Ini menjadikan Madrid mendominasi permainan dan aktif menyerang pertahanan lawan. Sebaliknya Granada tak satupun melepaskan tendangan ke gawang.

Madrid membuka kemenangan lewat Brahim Diaz di menit 26. Gol tercipta lewat kerjasama satu dua Diaz dengan Toni Kroos.

Berawal dari umpan cerdas gelandang veteran Jerman ini kepada Diaz yang berhasil lolos dari jebakan offside sebelum menaklukkan kiper Raul Fernandez.

Setelah unggul 1-0, Madrid mulai kesulitan menghadapi pertahanan kokoh Granada. Tidak ada gol yang tercipta sehingga keunggulan satu gol itu bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, tim asuhan Carlo Ancelotti tetap unggul dalam penguasaan bola. Mereka pun berhasil memperbesar keunggulan melalui Rodrygo di menit 57.

Gol berawal dari Diaz yang berhasil menguasai bola dan melepaskan umpan silang ke arah Jude Bellingham. Tendangan Bellingham ke gawang masih bisa diselamatkan Fernandez.

Namun Rodrygo dalam posisi bagus saat ada bola rebound. Pemain timnas Brasil ini langsung menyambar bola di depannya yang menjadikan Los Merengues unggul 2-0.

Ini menjadi gol kelima Rodrygo secara berturut-turut di berbagai kompetisi. Skor itu bertahan sampai akhir dan Madrid yang memenangkan pertandingan.

"Ini laga yang sempurna. Kami mendominasi dan menciptakan banyak peluang. Sebaliknya, mereka tak sekalipun melepaskan tendangan ke gawang. Kami sepenuhnya fokus di pertandingan ini," kata Diaz menanggapi hasil akhir pertandingan.

Diaz pun memuji rekannya, Kroos, yang memberi umpan kepada dia yang berujung dengan gol pertama Madrid.

"Apresiasi kepada dia yang memberi umpan tanpa perlu melihat. Bagaimana dia mencari rekannya dan kemudian memberikan umpan. Ini sungguh luar biasa," ucapnya.