Real Madrid ke Puncak Klasemen Lewat Gol Vazquez di Menit Terakhir
Pemain Real Madrid meluapkan suka cita merayakan gol Lucas Vazquez di menit terakhir saat lawan Alavez. (X/@realmadrid)

Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid menutup kompetisi La Liga Spanyol dengan meraih kemenangan penting 1-0 atas Deportivo Alaves dalam laga di Stadion Mendizorroza, Jumat, 22 Desember dini hari WIB. Gol tunggal Lucas Vazquez pun mengantarkan Madrid yang harus bermain dengan 10 orang sejak menit 54 ke puncak klasemen.

Girona harus rela melepaskan takhta klasemen di pengujung tahun. Mereka terpaksa lengser sebelum liga libur Natal dan Tahun Baru setelah bermain imbang 1-1 melawan Real Betis.

Hasil imbang itu masih mengamankan posisi mereka di puncak. Namun beberapa jam kemudian, Madrid meraih kemenangan satu gol yang langsung mengubah posisi kedua tim.

Kemenangan atas Alaves menjadikan Madrid naik ke takhta klasemen setelah mengantungi poin 45. Sama dengan Girona, tetapi Madrid unggul selisih gol.

Sementara, Alaves berada di papan bawah dan mendapat ancaman dari tim-tim zona degradasi.

Alaves yang berada di peringkat 16 hanya memiliki poin 16. Mereka hanya unggul tiga poin dari Celta Vigo yang menduduki posisi 18 dengan 13 poin.

Di pertandingan itu, Madrid bak kehilangan ketajaman. Duet Rodrygo dan Brahim Diaz kesulitan menghadapi pertahanan kokoh Alaves.

Begitu pula pemain sayap Jude Bellingham gagal menunjukkan performa terbaik. Pemain timnas Inggris ini pun gagal mencetak gol.

Sebaliknya, pertahanan Madrid ssungguhnya kurang solid. Beruntung serangan Alaves kurang memiliki greget dan jarang membahayakan pertahanan tim tamu.

Saat Madrid masih kesulitan mencetak gol, mereka malah kehilangan seorang pemain. Bek tengah Nacho mendapat kartu merah setelah melakukan pelanggaran terhadap Samu Omorodion di menit 54.

Meski bermain dengan 10 orang, Madrid tetap menguasai permainan. Bahkan menjelang akhir pertandingan, Los Blancos berhasil mencetak gol.

Gol Madrid dihasilan Vazquez du menit 90+2. Bek kanan ini menyambut umpan silang Toni Kroos dan sundulannya gagal diselamatkan kiper Antonio Sivera. Skor 1-0 untuk Madrid sekaligus menutup laga.