Pelatih Juventus Menyebutnya Pencuri, Inter Milan Tersinggung
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri. (X/@juventusfc)

Bagikan:

JAKARTA - Persaingan Inter Milan dan Juventus memperebutkan puncak klasemen Serie A 2023/2024 memanas. Pelatih Juve Massimiliano Allegri menyebut perebutan itu tak ubahnya 'pencuri yang dikejar penjaga'. Perumpamaan Allegri pun bikin Inter tersinggung.

Istilah 'penjaga dan pencuri' menjadi ramai di sepak bola Italia. Gara-garanya, Allegri memberi perumpamaan yang kurang tepat saat menggambarkan persaingan memperebutkan titel liga.

Allegri menyebut bila perseteruan Juve dan Inter seperti penjaga dan pencuri. "Saat ini, pencuri terus berlari dan penjaga harus bisa menangkapnya," kata Allegri seperti dikutip Football Italia.

Pernyataan yang kemudian menjadi kontroversi dari pelatih berusia 56 ini disampaikan usai Juve mengalahkan Sassuolo 3-0, Rabu, 17 Januari dini hari WIB. Kemenangan itu menjadikan Bianconeri merapatkan jarak poin dengan Inter.

Kini, Juve yang memiliki poin 49 kembali hanya terpaut dua poin dari Nerazzurri. Sementara, AC Milan yang bertengger di peringkat tiga memiliki 42 poin.

Allegri sesungguhnya menjawab dari perumpamaan direktur Inter, Beppe Marotta. Sebelumnya, Marotta menyebut Inter tak ubahnya seperti 'kelinci yang berusaha menghindari tembakan dari pemburu'.

Perang perumpamaan yang juga tak ubahnya sebagai psy war dari dua tim yang berseteru memperebutkan titel liga.

Hanya pernyatan Allegri membuat kubu Inter tersinggung. Pasalnya, mereka diibaratkan seperti pencuri.

Meski merasa tersinggung, namun Marotta memilih tak membalas pernyataan Allegri. Sementara, pelatih Inter Simone Inzaghi tak mempersoalkan ucapan Allegri. Menurut dia hal itu biasa di sepak bola Italia.

"Saya sudah mendengar dan membaca tentang hal itu Menurut saya itu hal yang wajar dalam dinamika dunia sepak bola," kata Inzaghi.

"Saya sudah lama ada di dunia (sepak bola( ini. Jadi saya paham benar. Saat ini memang berlangsung persaingan sengit di Serie A," ujarnya.

"Tetapi saya juga tidak akan mengabaikan AC Milan yang hanya tertinggal beberapa poin. Mereka tim yang ekselen dan saat ini dalam kondisi terbaik," ucap Inzaghi yang saat ini berada di Arab Saudi melakoni perebutan Supercoppa Italiana.

Inter akan menghadapi Lazio di laga semifinal Supercoppa Italiana pada Sabtu, 20 Januari 2024, dini hari WIB. Karena berada di Arab Saudi, Inter dan tiga tim lain absen di pertandingan Serie A akhir pekan ini.

Juve pun berpeluang merebut takhta klasemen bila mengalahkan Lecce di pertandingan tandang. Juve juga masih bertemu Inter di Stadion Giuseppe Meazza, 4 Februari 2024.

Di sisi lain, Allegri sendiri mendapat tekanan. Sejak kembali ke Juve pada 2021, dirinya belum pernah membawa tim meraih scudetto maupun trofi lagi. Kontras saat Allegri datang untuk kali pertama ke Juve pada 2014.

Selama menangani Juve hingga 2019, dia memenangi scudetto sampai lima kali. Belum lagi Coppa Italia dan Supercoppa Italiana serta dua kali menjadi finalis Liga Champions.