Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengultimatum para pemain Timnas Indonesia untuk tampil mati-matian saat menghadapi Vietnam di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia akan bersua dengan Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Jumat, 19 Januari 2024, pukul 21.30 WIB. Kemenangan ditargetkan di laga ini karena merupakan hal penting demi menjaga asa lolos ke babak 16 besar.

Tiga poin menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia saat jumpa Vietnam. Soalnya, pada laga perdana melawan Irak mereka kalah 1-3. Kehilangan poin itu membuat Skuad Garuda kini berada di posisi paling buncit klasemen Grup D.

Demi mendorong Timnas Indonesia mencapai target itu, Ketum PSSI menekankan Skuad Garuda harus optimistis meski target meraih poin melawan Irak di laga pertama tidak tercapai. Dia meminta para pemain untuk menunjukkan patriotismenya.

"Saya tidak mau juga karena satu target meleset kita jadi tim yang tidak optimistis. Saya melihat banyak sekali tim-tim negara lain yang punya jiwa patriotik. Ini yang saya harapkan juga Timnas Indonesia harus tidak kalah patriotismenya," kata Erick Thohir ditemui di kawasan Jakarta Pusat pada Kamis, 18 Januari 2024.

Lebih lanjut, Ketum PSSI meminta agar pemain tetap percaya diri saat menghadapi Vietnam. Jika pemain tak bersemangat ketika tampil nanti, dia menegaskan agar lebih baik mereka pulang dibanding berkompetisi dengan setengah hati.

"Saya berharap Timnas Indonesia tampil maksimal. Jangan terjebak pola pikir, wah sudah tidak dapat poin, lemas. Kalau lemas (pesimis) pulang saja," ucap Erick.

"Namun, justru saya yakin mereka masih bisa memberikan yang terbaik. Saya lihat sendiri Timnas Indonesia banyak usia muda. Rata-rata masih di bawah 24 tahun dan ini saya berharap antara tim senior dan junior bisa berdampingan," tuturnya.