India Open 2024: Jonatan Christie Kalah Lawan Lee Zii Jia
Tunggal putra Jonatan Christie kalah di babak kedua India Open 2024 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menelan kekalahan melawan Lee Zii Jia di babak kedua India Open 2024.

Jonatan menyerah dua gim langsung 15-21 dan 13-21 melawan wakil Malaysia itu di ajang berlevel Super 750 BWF tersebut pada Kamis, 18 Januari 2024, petang WIB.

Pada laga ini, Jonatan hanya tampil bagus pada gim pertama. Ia tercatat dua kali mendapat kesempatan memimpin lawannya.

"Sebenarnya dari awal coba buat semaksimal mungkin untuk tidak tidak mudah dimatikan atau tidak banyak mati sendiri. Namun, saat pertengahan gim pertama terasa smes-smes lawan yang kencang berhasil menembus pertahanan saya. Hal itu merusak strategi yang sudah direncanakan," kata Jonatan usai laga.

Pada gim kedua, Jonatan sukses mencuri angka pertama, tetapi lawan mencetak empat angka beruntun untuk balik memimpin. Setelahnya, Jojo benar-benar kesulitan mengejar gap poin itu.

"Beberapa kali mencoba mengubah pola, tapi tetap saja belum berjalan. Ini pembelajaran, ketika bertemu dia, saya harus bisa menghambat serangannya. Tadi dia ingin langsung memegang permainan depan supaya terus mendapat bola serangan," ujar Jojo.

Kekalahan ini membuat Jonatan sekarang memiliki rekor menang-kalah 4-5. Lima kekalahannya atas Lee terjadi dalam lima bentrok terbaru mereka.

Selain itu, hasil ini sekaligus memperpanjang catatan muram Jonatan pada awal tahun ini. Sebelumnya di Malaysia Open 2024 pekan kemarin, perjalanan Jonatan bahkan kandas lebih dini.

Ketika itu, peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut berhenti di babak pertama setelah takluk melawan wakil India, Kidambi Srikanth.

Jonatan adalah wakil ketiga Indonesia yang tersingkir pada babak 16 besar India Open 2024. Sebelumnya, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati sudah terlebih dahulu gugur.

Gregoria pulang setelah kalah melawan wakil Singapura, Yeo Jia Min, sedangkan Rehan/Lisa angkat koper usai dijegal pasagan China Taipei, Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin.