Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie lolos melangkah ke babak semifinal Badminton Asia Championship (BAC) 2024.

Unggulan ketiga itu memperpanjang perjalanannya di turnamen berkat kemenangan dua gim langsung 21-11 dan 21-6 atas tunggal Malaysia Lee Zii Jia, Jumat 12 April malam WIB.

“Puji Tuhan, saya bisa meraih kemenangan atas Lee Zii Jia. Ini bukan pertandingan yang mudah,” ujar Jonatan selepas pertandingan dalam keterangan yang diterima.

Kemenangan ini membuat Jonatan mengakhiri lima kekalahan beruntun sebelumnya melawan Lee Zii Jia sekaligus menyamai rekor menang-kalah menjadi 5-5.

 

Jonatan mengatakan, penerapan strategi yang berjalan baik dan ketenangan membuat dirinya bisa bermain lebih tenang. Sebaliknya, lawannya kurang tenang dan membuat banyak kesalahan sendiri. 

“Seperti yang saya sampaikan kemarin, saya kalah dalam lima pertemuan terakhir dengan skor yang jauh. Namun, saya juga telah belajar dari kekalahan itu,” kata Jonatan.

Di babak semifinal besok, Jonatan akan bersua dengan unggulan pertama tuan rumah Shi Yuqi, yang menyingkirkan duta Thailand Kunlavut Vitidsarn.

Jonatan dan Shi Yuqi sudah bersua sebanyak 13 kali di ajang kompetitif sebelumnya. Dari jumlah itu, Jonatan unggul tipis menang-kalah 7-6.

“Lawan Shi Yuqi di semifinal besok pasti tidak akan gampang. Bermain di kandangnya yang didukung penonton yang banyak, pasti membuat pertandingan akan berjalan tidak mudah,” ujar Jonatan.

Sebelumnya, Indonesia sudah kehilangan satu wakil, yakni Gregoria Mariska Tunjung. Juara dunia junior 2017 itu gagal ke semifinal usai ditekuk Chen Yufei.