Bagikan:

JAKARTA – Indonesia sudah punya sebanyak 11 atlet yang lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Berikut daftar mereka yang sudah mengantongi tiket ajang empat tahunan itu.

Dua tiket terbaru diamankan oleh pebulu tangkis pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari serta atlet angkat besi Nurul Akmal.

Tiket ke Prancis dikantongi oleh Rinov/Pitha setelah mereka memastikan diri tetap berada di peringkat ke-16 dalam ranking akhir kualifikasi Olimpiade atau Road to Olympic.

Mereka akan tetap berada di posisi itu setelah berhenti di babak 16 besar Badminton Asia Championship (BAC) 2024 yang akan berlangsung sampai dengan akhir pekan ini.

Rinov/Pitha dipastikan ikut terbang ke Prancis usai ganda Singapura Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica dan pasangan Indonesia Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja juga ikut terhenti di 16 besar BAC.

Sementara itu, lifter putri Nurul Akmal lolos ke Paris karena mendapat alokasi kuota kontinental pada kelas +81 kilogram. Ia adalah atlet angkat besi ketiga yang lolos menyusul rekannya Eko Yuli Irawan dan Rizky Juniansyah.

Di peringkat 10 besar kualifikasi Olimpiade, peserta dari lima benua sudah terwakili. Untuk itu, kuota yang ada diberikan kepada lifter di luar 10 besar sehingga Nurul termasuk salah satu yang dapat kuota tersebut.

Selain empat wakil di atas, tujuh nama lain yang juga sudah lolos adalah Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluhtfi (senam artistik), Fathur Gustafian (menembak), Desak Made Rita dan Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), serta Rio Waida (selancar).

Pada edisi tahun ini Indonesia berambisi mengirim lebih dari 28 atlet ke Paris dan merebut lebih dari dua keping medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan di ajang Olimpiade.

Berikut Daftar 11 Atlet Indonesia yang Lolos Olimpiade 2024:

- Panahan

Arif Dwi Pangestu

Diananda Choirunisa

- Senam Artistik 

Rifda Irfanaluhtfi 

- Menambak

Fathur Gustafian 

- Panjat Tebing

Desak Made Rita

Rahmad Adi Mulyono 

- Selancar

Rio Waida

- Angkat Besi

Eko Yuli Irawan

Nurul Akhmal

Rizki Juniansyah

- Bulu Tangkis

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari