Bagikan:

JAKARTA – Enam wakil Indonesia dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung pada pertengahan tahun ini.

Ini sekaligus memastikan Indonesia punya wakil di masing-masing sektor yang akan dipertandingkan nanti, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

“Ini adalah buah ketekunan menjalankan proses dari para atlet, pelatih, ofisial, dan tim pendukung,” ujar Ketua Tim Ad Hoc Olimpiade Paris 2024 PBSI M. Fadil Imran dalam keterangan.

Wakil-wakil dari bulu tangkis yang akan tampil di Paris nanti di antaranya adalah duo tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Adapun empat lainnya, yakni tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Bulu tangkis menyusul sejumlah cabang olahraga Indonesia lain yang telah memastikan keikutsertaan mereka dalam Olimpiade tahun ini, yakni panahan, senam artistik, menembak, panjat tebing, selancar, angkat besi, dan atletik.

Fadil mengatakan bahwa setelah ini atlet-atlet bulu tangkis masih harus berjuang untuk mengejar poin agar bisa mendapat posisi unggulan di Prancis nanti.

Poin-poin tersebut bisa diperoleh pada beberapa turnamen mendatang, di antaranya Thomas & Uber Cup dan Indonesia Open pada awal Juni mendatang.

“Ini juga butuh strategi yang jitu serta kesiapan para atlet. Semoga kepastian tiket ini memberi semangat baru bagi para atlet dan seluruh tim,” ujar Fadil.

Di Paris nanti ada total 172 atlet bulu tangkis yang bertarung di lima sektor di atas. Cabang bulu tangkis menjadi salah satu unggulan Indonesia untuk mendapat medali emas.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 silam, Indonesia membawa pulang medali emas dari ganda putri melalui Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan medali perunggu tunggal putra yang diperoleh Anthony Sinisuka Ginting.