Bagikan:

JAKARTA – Atlet judo putri Indonesia, Maryam March Maharani, resmi mendapat tiket tampil di Olimpiade 2024 Paris.

Komite Olimpiade Indonesia (NOC) dalam keterangan resmi pada Selasa, 25 Juni 2024, mengatakan bahwa Maryam dipastikan lolos berdasarkan surat resmi dari International Judo Federation (IJF).

"Maryam March Maharani berhasil lolos ke Olimpiade Paris 2024 melalui kualifikasi kuota kontinental Asia di nomor Women's -52kg," tulis NOC.

Maryam menjadi atlet judo pertama dalam kontingen Indonesia saat ini. Dia adalah atlet ke-26 Indonesia yang akan berangkat ke multievent terbesar dunia itu.

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung dari 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Total ada 10 ribuan lebih atlet dari 206 delegasi menjadi kontestan.

Indonesia berangkat ke sana dengan target bisa membawa pulang lebih dari dua medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan di Olimpiade.

Pencapaian terbaik Indonesia selama berpartisipasi di Olimpiade adalah Olimpiade Barcelona 1992.

Ketika itu, dua medali emas dibawa pulang oleh pebulu tangkis tunggal putri Susi Susanti dan tunggal putra Alan Budikusuma. Enam medali emas setelah itu, juga berasal dari bulu tangkis.

Karena itu, Indonesia ingin tahun ini bisa mendapat medali emas dari cabor lain untuk pertama kalinya. Panjat tebing dan angkat besi termasuk yang diunggulkan meraih prestasi itu.