Bagikan:

JAKARTA – Atlet judo Maryam March Maharani ditunjuk menjadi pembawa bendera Indonesia pada upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024, Jumat, 26 Juli 2024, waktu setempat.

Pada tahun ini, upacara pembukaan akan berlangsung di tepi Sungai Seine. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah pembukaan Olimpiade dihelat di luar stadion.

Penunjukan Maharani sebagai flag bearer Indonesia mencerminkan kebangkitan cabang olahraga judo, yang baru kembali tampil di Olimpiade setelah absen lama sejak edisi 2012.

"Rani ini perempuan tangguh yang kembali lagi hadir setelah Indonesia puasa cukup lama di Olimpiade cabang olahraga judo," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari.

Atlet judo Indonesia terakhir yang tampil di London pada saat itu ialah Putu Wiradamungga. Sosok berusia 32 tahun tersebut saat ini menjadi pelatih Maharani.

Maharani mengungkapkan rasa syukurnya atas kesempatan ini dan berharap bisa terus membanggakan Indonesia dengan menyumbang medali.

"Saya sangat bersyukur mendapat kesempatan untuk menjadi flag bearer. Semoga bisa terus membanggakan untuk Indonesia. Semoga bisa memberikan hasil yang terbaik. Semoga bisa menjadi contoh yang baik dan menginspirasi," ujar dia.

Maharani termasuk dalam 29 atlet Indonesia dari 12 cabang olahraga yang mendapat tiket ke Paris pada tanun ini. Di sana nanti, dia akan turun di nomor 52 kilogram putri.

Judo mulai berlomba di Paris pada 28 Juli 2024. Grand Palais Ephemere akan digunakan sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga ini.