Atlet Menembak Fathur Gustafian Lolos Olimpiade Paris 2024
Atlet menembak Indonesia Fathur Gustafian (Instagram/@fathur_gustafian).

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia menambah satu tiket ke Olimpiade Paris 2024 melalui atlet menembak Fathur Gustafian.

Fathur memastikan diri lolos ke multiajang terbesar empat tahunan tersebut saat tampil di Asian Rifle/Pistol Championship 2024 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Rabu, 10 Januari 2024.

Tiket ini didapat Fathur setelah ia finis di tempat keempat pada final nomor 10 meter air rifle putra senior. Ia mengumpulkan total skor 208,3.

Fathur adalah atlet menembak pertama Indonesia yang lolos ke Olimpiade. Lolosnya Fathur membuat Indonesia sudah mengamankan sebanyak enam tiket.

Sebelumnya, lima tiket yang diamankan Indonesia berasal dari dua atlet panahan, dua lagi dari panjat tebing, serta satu lagi dari cabang olahraga senam artistik.

Dua atlet panahan yang memastikan diri tampil di Olimpiade Paris 2024 ialah Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa.

Dua wakil dari panjat tebing yang akan menjadi bagian dari kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 ialah Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Adi Mulyono. Terakhir, atlet yang lolos dari cabor senam artistik adalah Rifda Irfanaluthfi.

Indonesia berambisi mencetak sejarah membawa pulang lebih dari dua medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah di Olimpiade Paris 2024.

Pencapaian terbaik Indonesia sebelumnya di Olimpiade adalah dua medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992. Dua emas yang dibawa pulang ketika itu melalui pebulu tangkis, Susi Susanti dan Alan Budikusuma.