Bagikan:

JAKARTA – Lifter putra Indonesia, Rizki Juniansyah, lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah keluar sebagai juara dunia di Piala Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup 2024.

Pada ajang tersebut, Rizki sukses membawa pulang medali emas dari kelas 73 kilogram putra di Phuket, Thailand, Kamis, 4 April 2024.

"Atlet angkat besi putra Indonesia, Rizki Juniansyah, lolos ke Olimpiade Paris 2024. Kepastian ini didapat usai Rizki menjuarai IWF World Cup 2024 di nomor 73 kilogram," demikian keterangan Kemenpora di Instagram.

Medali emas dibawa pulang oleh Rizki setelah dirinya sukses mencatatkan total angkatan 365 kilogram. Ia menorehkan angkatan snatch seberat 164 kilogram dan 201 kilogram pada angkatan clean & jerk.

Hasil ini membuat Rizki menyusul seniornya Eko Yuli Irawan ke Paris. Eko sudah mengantongi tiket Olimpiade Paris 2024 pada Selasa, 2 April 2024.

Rizki adalah atlet kesembilan Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Olimpiade tahun ini merupakan debut Rizki di multiajang terbesar dunia tersebut.

Selain Rizki dan Eko, tiket ke Paris juga sudah diamankan Arif Dwi Pangestu (panahan), Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Rifda Irfanaluthfi (senam artistik), Diananda Choriunisa (panahan), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), dan Fathur Gustafian (menembak), dan Rio Waida (selancar).