Bagikan:

JAKARTA – Lifter Indonesia, Rizky Juniansyah, membuat kejutan. Dia sukses merebut dua medali emas dan satu perak kelas 73 kg pada Piala Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup 2024 yang berlangsung di Phuket, Thailand, pada Kamis, 4 April 2024.

Hasil itu membuat Rizki meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024. Artinya, lifter 20 tahun itu menyingkirkan andalan Indonesia lain, Rahmat Erwin Abdullah, yang juga ada di kelas sama.

Peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu hanya membawa pulan satu medali perak dan dua perunggu pada event kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024 tersebut.

Rizki awalnya tidak diunggulkan untuk lolos Olimpiade Paris 2024 ketimbang Rahmat Erwin. Namun, di luar dugaan, dia menorehkan dua medali emas dari angkatan clean & jerk dan total angkatan dengan beban 201 kg dan 365 kg. Sementara satu medali perak diraihnya dari angkatan snatch seberat 164 kg.

Rizki Juniansyah mengalahkan lifter Cina, Shi Ziyong yang meraih perak dalam total angkatan 356 kg. Kemudian, Shi Ziyong mengalahkan Rizki pada angkatan snatch alias meraih emas dengan beban 165 kg.

Sementara itu, Rahmat Erwin Abdullah meraih satu perak dari angkatan clean & jerk seberat 206 kg. Lalu, dua perunggu didapat dari hasil angkatan snatch seberat 160 kg dan total angkatan 355 kg.

"Rizki Juniansyah hampir dipastikan merebut tiket ke Olimpiade Paris 2024 karena secara aturan dia yang terbaik di IWF World Cup 2024. Sayang, aturan IWF hanya memperkenankan satu atlet setiap negara tampil di setiap kelas."

"Rizky dan Rahmat merupakan mutiara di angkat besi Indonesia. Mereka punya peluang mempersembahkan medali emas dan perak di Olimpiade Paris 2024," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Hadi Wihardja.

Melihat situasi itu, Rahmat Erwin Abdullah legowo. Ayah sekaligus pelatih Rahmat, Erwin Abdullah, mengakui tidak mempermasalahkan Rizki Juniansyah lolos ke Olimpiade Paris 2024 Paris.

"Dalam dunia olahraga, kalah menang itu hal biasa. Kita ikhlas dan tawakal. Yang penting, Indonesia punya wakil di kelas 73 kg pada Olimpiade Parsi 2024," kata Erwin Abdullah.