Bagikan:

JAKARTA - Jurgen Klopp akan meninggalkan Liverpool pada akhir musim ini. Dia sudah mengumumkannya melalui konferensi pers pada Januari 2024.

Hanya saja, bagaimana respons pemain saat dia lebih dulu menginformasikan di ruang ganti sebelum ke meja konferensi pers masih menjadi pertanyaan.

Belum lama ini, Klopp menceritakan bagaimana situasi ruang ganti saat dia bilang kepada para penggawanya bahwa dia akan pergi dari Anfield.

Dia mendeskripsikan semua pemain terguncang selama berjam-jam hanya dengan delapan kata.

"Para pemain tidak memiliki banyak pertanyaan. Saya berbicara dengan mereka semua dan beberapa setelahnya."

"Kami memiliki ikatan yang sangat kuat. Biasanya ketika seorang manajer berada di ruang ganti dan berbicara seperti itu, dia dipecat."

"Bukan seperti itu karena hal-hal yang kami capai sehingga tanggung jawab saya begitu besar."

"Kami mengalami situasi seperti tahun lalu. Saya pikir banyak manajer akan dipecat dan tidak pernah ada niat untuk melakukan itu."

"Tanggung jawab saya bertambah dan bertambah. Jadi, ketika sudah tidak tepat lagi, saya harus mengatakannya," ujar Klopp.

Situasi terkejut di ruang ganti tersebut pun diamini pemain The Reds, Trent Alexander-Arnold. Sang bek kanan benar-benar tak menyangka ucapan itu keluar dari mulut Klopp.

Soalnya, Liverpool sedang dalam tren apik dan berpeluang besar menjuarai Liga Inggris 2023/2024 dan Liga Europa 2023/2024.

Belum lagi saat itu The Reds ada di ambang juara Piala Carabao 2023/2024 dan masih melanjutkan perjalanan di Piala FA 2023/2024.

"(Itu) hanyalah kejutan bagi kami semua sebagai pemain. Itu adalah sesuatu yang tidak kami duga akan terjadi. Anda tidak akan pernah melakukannya, terutama ketika segala sesuatunya berjalan dengan sangat baik."

"Kami sedang terbang, naik, dan berada di puncak liga. Kami berjuang di empat lini depan pada saat itu untuk mendapatkan setiap trofi yang kami bisa. Jadi, Anda mengharapkan saat-saat indah untuk terus datang dan datang dan datang."

"Jadi, ketika dia memberi tahu kami berita dan keputusannya, kami jelas harus menghormatinya. Namun, itu adalah salah satu hal yang tidak ingin didengar oleh pemain mana pun."

"Itu adalah salah satu hal yang mengguncang ruang ganti selama beberapa jam. Namun, dia mengatakan kepada kami, 'Lihatlah, kami profesional, jangan biarkan hal itu memengaruhi kami'."

"Tentu saja akan ada banyak keributan. Namun, kami harus bekerja keras dan melakukan tugas kami, mencoba memenangi pertandingan dan memberinya akhir yang terbaik," kata Arnold kepada The Sun.

Liverpool saat ini cuma berselisih satu poin dari Arsenal yang ada di puncak klasemen Liga Inggris 2024/2024.

Hanya saja, The Reds punya kans besar kembali ke pucuk karena baru akan melakoni pekan ke-30 pada Jumat, 5 April 2024, dini hari WIB, menjamu Sheffield United di Stadion Anfield.