Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting secara dramatis bangkit dari kekalahan set pertama untuk merebut tiket babak kedua India Open 2024.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu menghabiskan waktu selama 84 menit untuk menghentikan wakil Jepang, Kenta Tsuyenama, dengan skor 16-21, 23-21, dan 21-17 pada Rabu, 17 Januari 2024, malam WIB.

Setelah kalah pada gim pertama, Ginting yang menjadi unggulan keempat di turnamen ini bangkit dari ketertinggalan di gim kedua untuk memaksa lawannya melakoni gim penentuan atau rubber game.

Pada gim terakhir, Anthony Ginting langsung mencuri dua angka beruntun sebelum lawannya berbalik unggul. Namun, setelah kedudukan seri 8-8, dia terus unggul atas lawannya sampai memetik kemenangan. Hasil ini mengubah rekor menang-kalah Ginting vs Kenta menjadi 4-5.

"Kuncinya di gim kedua akhir saat saya coba mengubah pola permainan karena di gim pertama sudah coba buat meladeni permainan lawan, tapi kurang berhasil," kata Anthony usai laga.

Sebelum Anthony Ginting, satu tiket tunggal putra babak kedua India Open 2024 sudah diamankan oleh Jonatan Christie. Jojo lolos usai menghentikan wakil Hong Kong, Ka Long Angus.

Dari tunggal putri, satu-satunya wakil Indonesia, yakni Gregoria Mariska Tunjung, juga sukses ke babak kedua.

Lalu dari ganda campuran tiket 16 besar didapat oleh pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Pasangan ini lolos tanpa berlaga karena lawan mereka mundur akibat cedera.

Berikutnya tiket lain buat Indonesia diamankan oleh pasangan ganda putra unggulan keenam di ajang Super 750 BWF ini, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Adapun tiga wakil Indonesia dipastikan gagal ke babak kedua sejauh ini. Mereka adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.