Dusan Vlahovic Cetak 'Brace', Juventus Kalahkan Sassuolo
Striker Dusan Vlahovic mencetak dua gol yang membawa Juventus menang atas Sassuolo di laga Serie A Italia. (X/@juventusfc)

Bagikan:

JAKARTA - Juventus menuntaskan dendam dengan mengalahkan Sassuolo 3-0 di pertandingan Serie A Italia di Stadion Allianz, Rabu, 17 Januari dini hari WIB. Striker Dusan Vlahovic menunjukkan performa maksimal dengan mencetak brace.

Juve menjaga konsistensi demi mempertahankan persaingan dengan Inter Milan yang memimpin klasemen. Kemenangan atas Sassuolo tidak hanya membalas kekalahan 4-2 pada September 2023, tetapi juga merapatkan jarak poin dengan rival tim strip hitam putih itu.

Kemenangan itu menjadikan Juve mengantungi poin 49. Kini, Bianconeri hanya terpaut dua poin dari Inter. Persaingan pun tetap ketat saat kompetisi di Italia memasuki pekan ke-20.

Selain itu, Juve berhasil menjauh dari kejaran AC Milan yang menduduki peringkat tiga. Saat ini, Milan memiliki poin 42.

Mereka juga menunjukkan konsistensi di kompetisi domestik dan sempat merapatkan jarak poin dengan Juve. Dengan kompetisi yang masih lumayan panjang, Milan tetap berpeluang mengejar Juve.

Sementara, Sassuolo bertahan di peringkat 14 dengan poin 19. Sama dengan Frosinone, namun Sassuolo msih unggul selisih gol. Terutama setelah Frosinone mengalami pembantaian dengan dihabisi Atalanta 5-0.

Tampil di kandang sendiri, Juve masih terlalu perkasa bagi Sassuolo. Meski kehilangan dua pilar, Weston McKennie dan Federico Gatti, karena larangan bermain (suspended), namun Juve mampu mengatasinya dan tim tetap solid.

Kemenangan Juve dibuka Vlahovic yang memecah kebuntuan di menit 15. Gol apik striker timnas Serbia ini berawal dari aksi Manuel Locatelli yang berhasil memotong bola. Dia kemudian menyodorkannya kepada Fabio Miretti.

Bola lalu diserahkan kepada Vlahovic. Dari luar kotak penalti, dirinya melepaskan tendangan yang mengarah ke sudut atas gawang tanpa bisa diselamatkan kiper Andrea Consigli. Gol cantik itu menjadikan Juve unggul 1-0.

Setelah gol itu, Juve tetap bermain menyerang. Namun Sassuolo sesungguhnya memberi perlawanan yang cukup merepotkan pertahanan La Vecchia Signora. Apalagi, Juve tak sepenuhnya unggul dalam penguasaan bola.

Meski demikian, Juve akhirnya bisa memperbesar keunggulan di menit 37. Vlahovic mencetak gol keduanya lewat tendangan bebas yang langsung menembus gawang Sssuolo. Skor menjadi 2-0 untuk Juve dan bertahan sampai akhir babak pertama.

D babak kedua, Juve tak menurunkan tempo permainan. Sementara, Sassuolo juga bermain terbuka.

Serangan mereka beberapa kali mengancam gawang Wojciech Szczesny. Tercatat, gelandang Domenico Berardi mendapat dua peluang yang gagal dikonversi menjadi gol.

Terutama saat dia menyambut bola dari sepak pojok. Namun upaya Berardi secara gemilang digagalkan Szczesny.

Juve berpeluang menambah gol saat Timothy Weah yang masuk menggantikan Miretti mendapat umpan dari Federico Chiesa di menit 75. Namun peluang Weah gagal berbuah gol.

Sebaliknya, Chiesa yang kemudian memantapkan keunggulan Juve. Gol dia yang menyambut umpan dari Locatelli sukses menjebol gawang Sassuolo. Skor berubah 3-0 untuk Juve dan bertahan sampai akhir laga.