Roma Pecat Pelatih Jose Mourinho. Kandidat Penggantinya Eks Kapten Giallorossi
AS Roma memberhentikan pelatih Jose Murinho (X/@OfficialASRoma).

Bagikan:

JAKARTA - AS Roma akhirnya memecat Manajer Jose Mourinho. Keputusan klub memberhentikan Mourinho menyusul kekalahan berturut-turut di laga melawan AC Milan dan Lazio.

Roma mengalami penurunan di kompetisi Seri A Italia. Kekalahan dari Juventus dan Milan menjadikan Roma masih berkutat di papan tengah dengan menduduki peringkat kesembilan.

Pencapaian itu menjadikan Giallorossi kian sulit menembus empat besar demi mendapatkan tiket liga Champions.

Pasalnya, Roma masih tertinggal lima poin dari Fiorentina yang menduduki peringkat keempat klasemen Serie A 2023/2024.

Masih tertahan di papan tengah liga, Roma juga tersingkir di Coppa Italia. Langkah tim di turnamen itu dihentikan rival satu kota, Lazio. Dalam Derby della Capitale di babak perempat final, Roma kalah 0-1 lewat penalti Mattia Zaccagni.

Praktis, tim asuhan eks Manajer Chelsea dan Manchester United ini hanya sekali menang dari lima laga terakhir, yaitu saat melawan Cremonese di Coppa Italia.

Roma tinggal berharap pada Liga Europa 2023/2024 bila ingin meraih trofi. Hanya saja, I Lupi akan berhadapan dengan salah satu tim kuat Eredivisie, Feyenoord, di babak 16 besar.

"AS Roma mengonfirmasi bahwa Jose Mourinho dan para staf akan meninggalkan klub secepatnya," demikian penjelasan klub.

"Selanjutnya kami segera menetapkan pelatih baru bersama staf untuk tim utama," lanjut keterangan Roma.

Belum diketahui siapa yang menggantikan Mourinho. Namun, sosok De Rossi sudah disebut bakal menjadi pelatih anyar Roma.

De Rossi merupakan ikon klub, seperti halnya Francesco Totti atau Giuseppe Giannini. Dia menghabiskan kariernya di klub ibu kota sejak 2001 hingga 2019.

Menjelang pensiun, eks gelandang Timnas Italia ini malah pergi ke Argentina untuk bermain di Boca Juniors selama satu tahun, 2019-2020.

Persoalannya, De Rossi yang dalam kariernya memenangi Coppa Italia dua kali dan sekali meerebut Supercoppa Italiana ini masih minim pengalaman menangani klub.

Dirinya hanya sebentar melatih klub Serie B, SPAL. De Rossi kemudian menjadi asisten pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini.

Selain menjadi asisten, De Rossi juga bertanggung jawab dalam pembinaan usia muda di Federasi Sepak Bola Italia (FIGC).

Mourinho sendiri menangani Roma sejak 2021. Eks pelatih Real Madrid ini membawa klub meraih trofi untuk kali pertama selama 14 tahun saat memenangi Europa Conference League pada 2022.

Musim lalu, Mourinho membawa Roma ke final Liga Europa. Namun, Roma kalah adu penalti melawan Sevilla.

Pemilik klub Dan Friedkin dan Ryan Friedkin mengucapkan terima kasih atas kontribusi mantan pelatih Inter Milan ini selama tiga musim terakhir menangani klub.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Jose atas apa yang sudah diberikannya untuk kami di AS Roma. Kerja keras dan gairahnya sejak kedatangan dia di klub ini," kata Friedkin.

"Kami memiliki memori yang luar biasa selama dia di Roma. Kami juga menyampaikan bakal ada perubahan yang dilakukan secepatnya demi klub," ucapnya.

"Kami berharap Jose dan asistennya meraih yang terbaik di masa mendatang," kata Friedkin lagi.