Bagikan:

JAKARTA - AS Roma langsung mendapatkan pelatih anyar setelah memecat Jose Mourinho. Ya, idola suporter dan ikon Roma, Daniele De Rossi, ditunjuk menjadi pelatih dengan kontrak singkat, yaitu sampai Juni 2024. De Rossi pun reuni dengan eks rekan satu tim.

Fans tetap turut merasakan kesedihan karena diberhentikannya Mourinho. Meski hanya memberi trofi Europa Conference League, Mourinho telah mendongkrak performa Roma.

Kharisma eks pelatih Real Madrid dan Inter Milan ini menjadikan fans kembali memenuhi Olimpico saat Roma berlaga di kandang sendiri.

Selama kepemimpinan Mourinho, stadion selalu penuh. Fans merasa bangga Giallorossi ditangani pelatih besar dan kharismatik.

Saat meninggalkan Trigoria, markas latihan Roma, dirinya disambut suporter di pintu gerbang. Mereka menyerukan nama Mourinho. "Terima kasih atas dua tahun ini," kata Mourinho kepada fans.

Hanya, fans tetap tak protes atas keputusan klub. Pasalnya, sosok yang menggantikan Mourinho tak lain ialah De Rossi yang merupakan idola fans. De Rossi sendiri warga lokal alias seorang Roma dan sudah bergabung dengan klub itu sejak kecil.

Dalam kariernya, dia tak pernah meninggalkan Roma. Saat sang legenda Francesco Totti pensiun, dirinya yang mewarisi ban kapten.

De Rossi akhirnya pergi dari Roma menjelang gantung sepatu. Dirinya kemudian meninggalkan Italia dan terbang ke Argentina untuk bermain di Boca Juniors selama satu tahun.

Seperti halnya Totti dan Giuseppe Giannini, De Rossi adalah pangeran Roma. Mereka menghabiskan karier di klub tersebut.

De Rossi sendiri masuk tim senior pada 2001 saat Roma baru saja meraih scudetto dan bertahan di klub sama hingga 2019.

Dia sudah bermain 616 di berbagai kompetisi bersama I Lupi. Ini menjadikan De Rossi sebagai pemain yang paling banyak bermain untuk Roma setelah Totti.

Dengan status istimewa dan sebagai idola fans, kembalinya De Rossi sebagai pelatih pun tak menimbulkan gejolak. Transisi berjalan mulus.

Roma pun pada akhirnya sudah menjadi klub keluarga De Rossi. Bagaimana tidak, ayahnya Alberto De Rossi pernah bertahun-tahun melatih tim Primavera Roma. Kini, dia menjadi Direktur Pengembangan Roma.

Hanya, mantan pemain tengah Italia ini mendapat kontrak berdurasi singkat di Roma. Dirinya menandatangani kontrak, beberapa saat setelah pemberhentian Mourinho, sampai 30 Juni 2024.

Meski demikian, De Rossi tetap menerima kontrak itu karena mendapat kesempatan menangani klub yang sudah dibelanya selama dua dekade.

"Saya tahu tidak ada cara lain kecuali sebuah dedikasi, pengorbanan, dan memberikan segalanya untuk menghadapi tantangan di depan mata mulai dari sekarang sampai akhir musim," ucap De Rossi.

Pelatih berusia 40 ini pun langsung memimpin latihan di Trigoria. Selain berkenalan dengan Paulo Dybala dan Romelu Lukaku, dirinya melakukan reuni dengan eks koleganya di tim.

Para pemain lama seperti Lorenzo Pellegrini, Bryan Cristante, Stephan El Shaarawy, dan Rick Karsdorp pernah bermain bersama De Rossi sampai akhirnya dia meninggalkan Olimpico.

De Rossi akan melakoni ujian pertama saat Roma bermain di kandang sendiri dengan menjamu Verona, Minggu, 21 Januari 2024, dini hari WIB. Sebuah debut sempurna bila dirinya yang sesungguhnya minim pengalaman membawa Roma meraih kemenangan di kandang sendiri.