Daftar Top Skor Sementara Piala Asia 2023, Pemain Thailand Tempel Pencapaian Takumi Minamino
Takumi Minamino mencetak dua gol ke gawang Vietnam (Instagram/@takumi18minamino_official).

Bagikan:

JAKARTA - Matchday pertama fase grup Piala Asia 2023 tuntas digelar seiring berakhirnya laga antara Arab Saudi vs Oman pada Rabu, 17 Januari 2024, dini hari WIB. Dari 12 pertandingan yang dilaksanakan, terdapat jajaran pemain yang sukses mencatatkan nama dalam daftar pencetak gol terbanyak.

Setelah matchday pertama usai, para pemimpin daftar pencetak gol terbanyak adalah mereka yang bisa mencetak brace (dua gol) ke gawang lawan di laga pembuka. Tercatat, ada enam pemain yang mampu melakukan hal tersebut.

Nama pemain Thailand, Supachai Jaided, mampu menempel perolehan gol bintang Jepang, Takumi Minamino.

Selain dua nama itu, ada empat pemain lain yang berhasil mengantongi dua gol untuk masing-masing timnya. Mereka adalah Akram Afif (Qatar), Mahmoud Al Mardi dan Musa Al Taamari (Yordania), dan Kang-in Lee (Korea Selatan).

Perolehan gol yang dibuat para pemain ini jelas punya peran vital dalam kemenangan negaranya masing-masing di laga perdana.

Dua gol Afif membuat Qatar bisa menghajar Lebanon dengan skor 3-0. Minamino juga jadi kunci keberhasilan Jepang mengatasi perlawanan Vietnam dengan skor 4-2.

Al Mardi dan Al Taamari sama-sama menggelontorkan dua gol ke gawang Malaysia dan membuat Yordania menang telak 4-0. Sementara Supachai bisa memborong gol kemenangan Thailand atas Kirgistan dengan skor 2-0.

Meski sejumlah pemain ini sudah berhasil mencatatkan nama dalam daftar top skor sementara Piala Asia 2023, peta persaingan untuk saat ini masih belum bisa diprediksi.

Masih ada dua matchday fase grup tersisa bagi para pemain untuk mencetak gol lebih banyak dan bersaing dengan nama-nama lainnya.

Berikut Daftar Top Skor Piala Asia 2023

Akram Afif (Qatar) 2 Gol

Takumi Minamino (Jepang) 2 Gol

Mahmoud Al Mardi (Yordania) 2 Gol

Musa Al Taamari (Yordania) 2 Gol

Supachai Chaided (Thailand) 2 Gol

Kang-in Lee (Korea Selatan) 2 Gol