Indonesia Waswas, Vietnam Mampu Repotkan Jepang
Pemain Jepang merayakan gol di laga melawan Vietnam di Piala Asia 2023. (X/@afcasiancup)

Bagikan:

JAKARTA - Vietnam bermain luar biasa meski harus mengakui keunggulan Jepang 4-2 di pertandingan Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Minggu, 14 Januari malam WIB.

Vietnam memberi warning kepada Indonesia, tim sesama Asia Tenggara, yang berada di Grup D. Di laga pertama, Vietnam sama sekali tidak minder saat bertemu tim unggulan, Jepang.

Meski menghadapi lawan yang menyandang jnuara Asia empat kali dan bermaterikan pemain yang bertebaran di Eropa, namun Vietnam tetap tampil percaya diri.

Jepang sendiri diperkuat deretan pemain top, Wataru Endo (Liverpool), Takumi Minamino (Monaco), Keito Nakamura (Reims) sampai Takefusa Kubo yang bermain untuk Real Sociedad.

Mampukah timnas Indonesia meladeni Samurai Blue? Bukan perkara mudah karena status Indonesia yang menjadi underdogs dan penggembira. Indonesia belum 'naik kelas' sebagai kuda hitam yang bisa membuat kejutan.

Di pertandingan melawan Vietnam, Endo dkk yang ditangani pelatih lokal Hajime Moriyasu sempat dibuat kesulitan.

Meski demikian, Jepang unggul lebih dulu setelah Minamino membobol gawang Vietnam. Mantan pemain Liverpool ini berhasi memanfaatkan bola rebound di menit 11.

Hanya keunggulan Jepang tak bertahan lama. Vietnam menunjukkan semangat pantang menyerah.

Mereka hanya butuh lima menit untuk menyamakan skor melalui Nguyen Dinh Bac. Sundulan Dinh Bac gagal dijangkau kiper Zion Suzuki

Bahkan Vietnam berbalik unggul setelah Pham Tuan Hai sukses membobol gawang Jepang di menit 33. Vietnam unggul 2-1 yang membuat pelatih Philippe Troussier tersenyum puas.

Troussier tak lain mantan pelatih timnas Jepang. Pelatih asal Prancis ini pernah membawa Jepang memenangi Piala Asia 2000.

Jepang dengan cepat bangkit dan menekan pertahanan Vietnam. Usaha mereka tak sia-sia. Minamino mencetak brace yang mengubah skor menjadi 2-2 di menit 45. Gol itu tercipta lewat kolaborasi Minamino dan Endo.

Selanjutnya, di injury time babak pertama, giliran Minamino yang membuat assist dan dituntaskan oleh Keito Nakamura lewat tendangan yang fantastis. Skor berubah menjadi 3-2 untuk Jepang dan bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Jepang tak menurunkan tempo permainan. Namun Vietnam berusaha mengejar ketinggalan.

Hanya saja usaha mereka tak membuahkan hasil. Sebaliknya Jepang mampu menambah gol. Kali ini, Ayase Ueda yang mencetak gol di menit 85. Kubo yang memberikan assist sehingga Jepang menang 4-2.