Bagikan:

JAKARTA - Bintang Jepang, Takumi Minamino, mengungkapkan kesan tersendiri kepada pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan. Pertemuan mereka terjadi saat membela tim masing-masing pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Rabu, 24 Januari 2024.

Meski pada akhirnya Skuad Garuda menelan kekalahan 1-3 dari Samurai Biru, satu gol di papan skor menjadi bukti perlawanan kuat Timnas Indonesia.

Gol Timnas Indonesia itu tak lepas dari pergerakan Takumi Minamino di lapangan. Masuk pada menit ke-69 menggantikan Reo Hatate, Minamino cukup mencuri perhatian publik Jepang karena dianggap melakukan blunder yang menguntungkan tim lawan.

Timnas Indonesia mencetak gol lewat kaki Sandy Walsh saat injury time babak kedua. Eksekusi ini sukses diselesaikan setelah ia mampu memanfaatkan lemparan jauh Pratama Arhan.

Pada momen itu mestinya Minamino bisa menghalau pergerakan Walsh andai ia bisa menyundul bola dari lemparan Arhan. Namun, usahanya gagal, hingga bola jatuh ke kaki Walsh yang kemudian sukses membobol gawang Jepang.

Soal pergerakannya yang gagal menghalau lemparan Arhan, Minamino cukup menyesalinya. Apalagi satu gol dari Sandy Walsh ini membuat Jepang gagal mencatatkan clean-sheet di tiga laga beruntun Grup D Piala Asia 2023.

"Pertama, saya tidak mampu menyundul bola dengan tepat di udara, tapi saya berharap bisa tukar posisi dengan pemain lain. Saya tidak beruntung karena tidak bisa membuang bola," ucap Takumi Minamino dikutip dari Hochi pada Kamis, 25 Januari 2024.

Lebih lanjut, Minamino akhirnya juga mengungkapkan pandangannya soal penampilan Pratama Arhan di lapangan. Ia mengaku tak menyangka bahwa Arhan bisa melakukan lemparan yang sangat jauh.

"Saya berbicara kepada Yuta (Nakayama) dan bilang akan lebih baik mengganti dia dengan pemain yang lebih kuat dalam bola udara dalam situasi itu (lemparan ke dalam Indonesia)."

"Lemparan itu (yang dilakukan Pratama Arhan) melayang jauh dari yang saya harapkan. Saya berharap bisa lebih fleksibel menghadapinya," ujar Minamino.