Letakan Batu Pertama Memorial Park IKN senilai Rp362 Miliar, Jokowi: Penghormatan bagi Pahlawan
Presiden Jokowi (Foto: dok. Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peresmian peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Memorial Park Ibu Kota Nusantara (IKN) hari ini.

Jokowi mengatakan, pembangunan Memorial Park IKN sebagai bentuk penghormatan bagi para pahlawan dan pendiri bangsa.

"Memorial Park yang nantinya ini akan menjadi penghormatan kami kepada beliau-beliau para pahlawan, pada pendiri bangsa yang telah bekerja keras untuk memerdekakan bangsa serta negara dan rakyat Indonesia," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu, 17 Januari.

Memorial Park IKN tersebut dibangun di area seluas 2.034 meter persegi. Pembangunan Memorial Park IKN ini nantinya terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara dan akan menjadi salah satu hal yang menarik atau point of view di IKN.

"Nantinya kalau ada tamu-tamu negara, peletakan bunga juga akan dilakukan di Memorial Park ini," kata Jokowi.

Dia menambahkan, Memorial Park itu dibangun dengan biaya sekitar Rp361 miliar dan dilengkapi dengan area altar, tangga, infrastruktur kawasan dan lanskap. Pembangunan ditargetkan akan selesai pada Agustus tahun ini.

Selain itu, Jokowi menuturkan, Memorial Park tersebut juga akan melengkapi berbagai fasilitas yang telah dibangun di IKN, termasuk untuk mempersiapkan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 2024.

"Sekali lagi, tempat ini akan selalu mengingatkan rakyat Indonesia, mengingatkan kami semuanya pada jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia," pungkasnya.