Pemilu 2024 Dipastikan Tak Ganggu Masuknya Investasi ke IKN
IKN (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono menegaskan, bahwa pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 tak akan menggangu jalannya investasi ke IKN Nusantara.

Hal tersebut diungkapkan Agung dalam media briefing OIKN secara daring pada Selasa, 16 Januari.

"Kalau kami bisa lihat, ya, ini bulan Januari (2024) kurang dari sebulan sebelum pesta demokrasi, tapi bapak presiden tetap melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking). Jadi, rasanya, sih, tidak mengganggu (investasi di IKN)," ujar Agung menjawab pertanyaan VOI.

Agung menyebut, bahwa masifnya groundbreaking yang telah dilakukan OIKN bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandakan bahwa Pemilu 2024 memang tidak menurunkan minat investor itu sendiri.

Hal ini, kata dia, terbukti dari nilai realisasi investasi yang telah mencapai Rp41,4 triliun hingga 2023. Adapun nilai investasi tersebut terdiri dari tiga rangkaian groundbreaking yang telah dilakukan, mulai dari tahap 1,2, hingga tahap 3.

"Hari ini, kami menyiapkan untuk besok tepat 7 bulan sebelum (HUT RI 2024) dilakukan groundbreaking tahap empat. Sesuai dengan janji kami, 2024 adalah tahun yang memang kami akan semakin kencang, semakin gaspol menunjukkan Ibu Kota Nusantara," ucap dia.

Dia menambahkan, nantinya Presiden Jokowi akan melakukan groundbreaking terhadap 10 proyek di IKN, seperti Pos Indonesia, Studio Siaran Radio Republik Indonesia (RRI), SUN Hub (area pergudangan), Jambuluwuk Hotel dan Resort serta Katadata Green (pilot project reforestasi).

Kemudian, ada Nusantara Warehouse Park, Kantor Otorita IKN, Masjid Negara oleh Kementerian PUPR, Memorial Park oleh Kementerian PUPR dan Kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Inilah menu yang akan kami hadapi besok. Rinciannya kami akan bisa lihat esok hari, pak presiden ada di sana sehari penuh untuk (groundbreaking) 10 titik ini dan mudah-mudahan semua akan berjalan lancar," imbuhnya.