Bagikan:

JAKARTA - Pihak Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan, bahwa progres minat berinvestasi di IKN terus menunjukkan geliat positif.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono menyebut, pihaknya telah mencatat 256 letter of interest (LoI) yang terdiri dari 19 negara, hingga saat ini.

"Kalau LoI sudah 256. Datanya kami catat lewat mesin, jadi sudah ada sistem online yang memantau," kata Agung usai agenda Indonesia Retail Summit di Jakarta, pada Selasa, 15 Agustus.

Dari total 256 LoI, sebanyak 116 di antaranya datang dari investor dalam negeri. Sementara sisanya, yakni sebanyak 140 merupakan investor asing.

Agung menambahkan, dari 256 LOI yang masuk, setidaknya terdapat investor investor yang akan bersiap melakukan groundbreaking sebelum Kuartal IV-2023.

"Delapan sekarang yang sudah siap ground breaking, prosesnya sudah mulai berjalan," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Agung juga sempat menyoroti bahwa proses investasi di IKN dipastikan akan berjalan lancar seiring dengan masuknya konsorsium penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Namun, saat ditanyai lebih terperinci mengenai siapa saja investor yang tergabung dalam konsorsium tersebut, Agung belum mau memberikan informasi lebih lanjut.

"Paling benar itu konsorsium PMDN. Itu sudah menunjukkan you will get the best supply untuk membangun kawasan, terutama kawasan mix use development," imbuhnya.

Nantinya, proyek yang akan digarap Konsorsium PMDN bukan hanya di kawasan mix use development saja, melainkan berupa sarana prasarana fasilitas publik hingga area terbuka hijau.