Bagikan:

JAKARTA - Kegiatan peletakan batu pertama atau groundbreaking investasi tahap ke-8 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, telah dilakukan pada hari ini. Groundbreaking yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini diikuti oleh tiga investor asing.

Dari tiga investor asing tersebut, hanya satu yang bakal menanamkan modalnya lewat skema investasi langsung. Sedangkan, dua investor asing lainnya bakal berinvestasi di IKN melalui skema kerja sama membangun mitra dengan perusahaan lokal.

Diketahui, investor asing yang bakal menyuntik pendanaan secara langsung di IKN adalah Delonix, yakni perusahaan asal China. Nantinya, Delonix akan membangun kawasan mix-used mencakup pembangunan mal, hotel hingga apartemen.

Sementara itu, dua investor asing lainnya bakal bermitra dengan pengusaha lokal RI. Kedua investor tersebut yakni Australia Independent School (AIS) dan Magnum Estate yang merupakan perusahaan properti asal Rusia.

Selain groundbreaking proyek investasi asing, Presiden Jokowi juga melakukan groundbreaking sejumlah proyek dari investor dalam negeri. Mulai dari D'primahotel Nusantara hingga Teras Hutan IKN by Plataran.

Adapun total investasi yang mengalir ke IKN pada groundbreaking tahap ke-8 mencapai Rp1.075 triliun. Perinciannya, investasi sebesar Rp300 miliar bakal dikucurkan oleh Magnum Estate. Lalu, nilai investasi dari Delonix sebesar Rp500 miliar.

Berikutnya, Australia Independent School menyuntikkan dana sebesar Rp150 miliar. Sehingga total ada Rp950 miliar dana asing yang masuk ke Indonesia.

Sedangkan, untuk investasi lokal pada groundbreaking IKN hari ini adalah Rp125 miliar dengan perincian nilai investasi D'prima mencapai Rp100 miliar dan Teras Hutan IKN by Plataran sebesar Rp25 miliar.

Dengan demikian, total investasi yang masuk pada hari ini, Rabu, 25 September 2024, untuk groundbreaking ke-8 di IKN mencapai Rp1.075 triliun.

Presiden Jokowi mengaku senang dengan masuknya tiga investor asing dengan total nilai investasi mencapai Rp950 miliar dalam pembangunan IKN.

"Ya, ini yang paling penting investor, investasi asing sudah masuk ke Ibu Kota Nusantara. Tadi pagi dari Australia untuk bidang pendidikan, kemudian Rusia untuk properti dan juga China untuk properti," ujar Jokowi usai melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Delonix Nusantara di IKN, Rabu, 25 September.

Menurut Jokowi, masuknya investasi asing tersebut telah menunjukkan kepercayaan dari investor, baik yang lokal domestik maupun internasional. "Ini menunjukkan Nusantara memang tempat yang sangat menarik untuk investasi," tuturnya.