Bagikan:

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut, peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap tiga di IKN akan dilakukan pada pekan depan.

"Groundbreaking tahap ketiga di 20 dan 21 Desember kalau tidak ada aral melintang," kata Juru Bicara OIKN Troy Pantouw usai media briefing yang dipantau secara daring pada Jumat, 15 Desember.

Pada kesempatan sama, Deputi Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono diketahui akan melakukan rapat koordinasi dengan protokol presiden guna melihat waktu dan kesediaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menghadiri groundbreaking tahap ketiga ini.

"Kami akan segera groundbreaking yang ketiga dalam waktu dekat lagi. Kami akan rapat koordinasi dengan protokol (presiden)," ucap Agung.

Agung mengatakan, pihaknya menargetkan groundbreaking tahap ketiga di tiga area, yaitu area green dengan proyek yang bersifat penghijauan, area pelengkap ekosistem sumbu kebangsaan, dan area lembaga negara dengan pendanaan non-APBN.

"Jadi, kalau dari segi total (investasi) ada sekitar Rp10 triliun," imbuhnya.

Hingga saat ini, sudah dua kali groundbreaking oleh investor swasta di IKN yang telah berlangsung dalam dua periode, yakni tahap 1 dan 2.

Groundbreaking tahap 1 berlangsung pada September 2023, sementara tahap 2 digelar 1-3 November 2023.

Kini, total nilai investasi yang sudah masuk dalam proyek IKN mencapai sekitar Rp35 triliun.

Berdasarkan data milik OIKN, berikut daftar 10 proyek yang direncanakan bakal menggelar groundbreaking pada Desember 2023:

1. Kantor Otoritas Jasa keuangan (OJK)

2. Kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

3. Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan)

4. Homebase Nusantara United Football Club (NUFC)

5. Kawasan Olahraga Berkuda (Equestrian Park)

6. Gerakan Sabuk Hijau Nusantara (Crow-sourcing untuk reforestasi)

7. Pulau Suaka Orang Utan oleh Yayasan Arsari

8. Jambuluwuk Hotel dan Resort

9. GrandLucky

10. Indogrosir