Bagikan:

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut, peletakan batu pertama atau groundbreaking masih akan berlanjut dalam waktu dekat.

Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan, groundbreaking tahap kelima akan segera dilakukan.

"Kami ingin (groundbreaking selanjutnya) ada kelengkapan ekosistem. Maksudnya, misalnya rumah sakit (RS) sudah 4, hotel 6, mal kalau enggak salah sekitar 4. Kami ingin kelengkapan lain misalnya sektor perbankan," ujar Bambang kepada wartawan, dikutip Sabtu, 27 Januari.

Bambang menyebut, groundbreaking kelima itu akan dilakukan dengan menyesuaikan jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Tergantung jadwal bapak presiden," katanya.

Saat ditanyai lebih lanjut soal groundbreaking tahap kelima bakal dilakukan Februari mendatang, Bambang meresponsnya dengan tertawa. "Hehehe," ucapnya.

Adapun hingga saat ini, sudah ada empat kali groundbreaking oleh investor swasta di IKN yang telah berlangsung dalam empat periode, yakni tahap 1,2,3 dan 4.

Groundbreaking tahap 1 berlangsung pada September 2023, tahap 2 digelar 1-3 November 2023, tahap ketiga dilakukan pada 20-21 Desember 2023.

Kemudian, untuk groundbreaking tahap keempat sendiri baru dilakukan pada 17 Januari 2024 lalu.

Per Januari 2024 ini, total nilai investasi yang sudah masuk dalam proyek IKN mencapai Rp47,5 triliun.