<i>Groundbreaking</i> Tahap Keenam IKN Bakal Berlangsung Mei 2024, Difokuskan untuk Sektor Pendidikan
Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono. Foto: Theresia Agatha/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memastikan kegiatan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek garapan swasta masih akan berlanjut.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan, groundbreaking tahap keenam tersebut bakal dilakukan pada Mei 2024 mendatang.

"Jadi, rencana (groundbreaking) ditargetkan pada Mei," ujar Agung kepada wartawan saat ditemui di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis, 7 Maret.

Agung menambahkan, groundbreaking tahap keenam sendiri akan difokuskan untuk pembangunan proyek di sektor pendidikan, yang mana momentum tersebut bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei 2024.

"Jadi, selama dua bulan ini kami akan fokus pembangunan. Sementara, untuk groundbreaking kami persiapkan secara good governance, terutama di sektor yang ditargetkan, kan, pada Mei 2024 ini di sektor pendidikan karena ada Hari Kebangkitan Nasional," katanya.

Meski begitu, Agung belum mau mengungkapkan berapa nilai potensi investasi dari rencana groundbreaking tahap keenam itu.

"Nanti saja dibocorkan (spill) karena (target groundbreaking) itu di sektor pendidikan dan pasti ada investor swasta," imbuhnya.

Sebelumnya, groundbreaking tahap kelima sudah berlangsung pada Jumat-Sabtu atau 29 Februari-1 Maret 2024.

Ada empat industri jasa keuangan yang ikut terlibat dalam groundbreaking.

Meski begitu, Agung belum dapat mengungkap total nilai investasi dari groundbreaking perdana usai pemilu 2024 tersebut.

"Nanti kami bisa lihat (total investasi) menjelang groundbreaking atau setelah groundbreaking. Sekarang ini sedang dihitung semuanya secara detail. Tapi, ya, kami semakin mendekati Rp50 triliun," imbuhnya.