Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap kelima di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilakukan pada Jumat dan Sabtu, 29 Februari - 1 Maret 2024.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pelaksana Pembangunan IKN Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga dalam agenda Menuju Ibu Kota Baru Nusantara: Pembiayaan dan Kesiapan Infrastruktur di Jakarta, Senin, 26 Februari.

"Groundbreaking kelima pada Kamis dan Jumat, 29 Februari dan 1 Maret. Hanya dua hari," ujar Danis.

Berdasarkan sektornya, Danis menyebut, groundbreaking tersebut bakal meliputi sejumlah industri keuangan, seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) hingga PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

"Jadi, yang saya tahu sedang dalam proses itu BRI, Mandiri. Yang saya ingat, BPJS, kemudian kelihatannya yang sektor-sektor keuangan," kata dia.

Meski begitu, Danis tidak merinci berapa besaran nilai investasi yang bakal bergulir pada groundbreaking tahap kelima tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) membocorkan jadwal pelaksanaan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek garapan swasta tahap kelima di IKN.

"Targetnya dalam beberapa minggu ke depan akan groundbreaking pembangunan lagi, bertambah lagi dan sampai kami yakin dengan kebijakan yang dihasilkan pemerintah lewat investasi," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono di Jakarta, Senin, 19 Februari.

Agung menyebut, groundbreaking investor swasta yang kelima dalam beberapa waktu ke depan akan difokuskan di sektor perbankan.

"Kami lihat nanti dari kesiapan tanggalnya, tapi sektor yang kami fokuskan perbankan. Karena apa? Bank Indonesia (BI) sudah masuk, LPS juga," katanya.

Kemudian, ada gedung LPS di IKN juga sedang dibangun dan nanti disusul oleh Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta bersama bank-bank membentuk mini financial center.

Adapun hingga saat ini, sudah ada empat kali groundbreaking oleh investor swasta di IKN yang telah berlangsung dalam empat periode, yakni tahap 1,2,3 dan 4.

Groundbreaking tahap 1 berlangsung pada September 2023, tahap 2 digelar 1-3 November 2023, tahap ketiga dilakukan pada 20-21 Desember 2023.

Kemudian, untuk groundbreaking tahap keempat sendiri baru dilakukan pada 17 Januari 2024 lalu.

Per Januari 2024 ini, total nilai investasi yang sudah masuk dalam proyek IKN mencapai Rp47,5 triliun.