<i>Groundbreaking</i> IKN Tahap Kelima Dijadwalkan Pekan Depan
Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono Agung. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) membocorkan jadwal pelaksanaan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek garapan swasta tahap kelima di IKN.

"Targetnya dalam beberapa minggu ke depan akan groundbreaking pembangunan lagi, bertambah lagi dan sampai kami yakin dengan kebijakan yang dihasilkan pemerintah lewat investasi," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono di Jakarta, Senin, 19 Februari.

Agung menyebut, groundbreaking investor swasta yang kelima dalam beberapa waktu ke depan akan difokuskan di sektor perbankan.

"Kami lihat nanti dari kesiapan tanggalnya, tapi sektor yang kami fokuskan perbankan. Karena apa? Bank Indonesia (BI) sudah masuk, LPS juga," katanya.

Kemudian, ada gedung LPS di IKN juga sedang dibangun dan nanti disusul oleh Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta bersama bank-bank membentuk mini financial center.

"Jadi, ini merupakan strategi jangka paling pendek," ucap Agung.

Selanjutnya pada Agustus 2024, HUT Kemerdekaan RI digelar di IKN dan upacara kemerdekaan ini menjadi simbol tonggak bagi bangsa Indonesia untuk memulai IKN sebagai ibu kota baru negara.

Pada Agustus mendatang, OIKN tak akan lagi melakukan groundbreaking. Namun, topping off yang mana hotel-hotel dibangun IKN sudah beroperasi.

"Terakhir pada 20 Oktober 2024, kami akan dengan senang hati menyambut transisi kepemimpinan dari Presiden RI Joko Widodo kepada presiden selanjutnya, yakni Presiden ke-8 RI, karena IKN ini bukan cita-cita Presiden Jokowi semata dan IKN merupakan cita-cita Presiden Pertama RI Ir Soekarno yang diwujudkan dengan kemampuan eksekusi Presiden ke-7 RI, yakni Jokowi dan kemudian dilanjutkan oleh Presiden ke-8 RI untuk masa depan," tuturnya.