Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA (BBCA) belum termasuk ke dalam daftar sektor perbankan yang akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap kelima di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Juru Bicara Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Troy Pantouw mengatakan, BBCA belum masuk daftar bank yang akan groundbreaking tahap kelima karena sampai saat ini masih dalam tahap pembicaraan.

"Untuk sektor perbankan sementara yang tadi disebutkan (BBCA) di groundbreaking kelima ini masih berproses," ujar Troy kepada wartawan di Jakarta, Senin, 26 Februari.

Sementara itu, saat ditanyai lebih lanjut mengenai perkembangan terkini terkait rencana investasi pembangunan kantor BCA di IKN, Troy enggan untuk menjelaskan lebih lanjut.

Meski begitu, Troy memastikan rencana investasi BCA di IKN masih terus berjalan hingga saat ini dan tidak molor.

"Bukan molor, mereka berproses. Kalau BCA sendiri coba tanyakan ke BCA (kenapa belum jadi groundbreaking)," kata dia.

Di sisi lain, VOI langsung melakukan konfirmasi hal tersebut kepada pihak BCA.

Executive Vice President Corporate Communication and Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn mengatakan, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan segenap pemangku kepentingan terkait groundbreaking di IKN tersebut.

"Terkait dengan rencana pembangunan kantor di IKN, pada prinsipnya kami akan berkoordinasi dengan segenap pemangku kepentingan, termasuk otoritas dan regulator perbankan," tuturnya.

Hera juga belum dapat mengungkapkan jadwal kepastian groundbreaking kantor BCA di IKN.

"BCA berkomitmen untuk senantiasa menyediakan pelayanan yang berkualitas kepada segenap nasabah tercinta, baik di ekosistem online maupun offline," ungkap dia.

Sekadar informasi, dalam dokumen paparan OIKN pada Desember 2023, groundbreaking tahap 4 di IKN awalnya bakal diikuti oleh 15 investor, termasuk PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Namun, hingga menjelang akhir Februari 2024, BBCA belum juga merealisasikan pembangunan proyek di IKN.

Adapun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap kelima di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilakukan pada Jumat dan Sabtu, 29 Februari - 1 Maret 2024.

"Groundbreaking kelima pada Kamis dan Jumat, 29 Februari dan 1 Maret. Hanya dua hari," ujar Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pelaksana Pembangunan IKN Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga di Jakarta, Jumat, 26 Februari.

Berdasarkan sektornya, Danis merinci groundbreaking tersebut bakal meliputi sejumlah industri keuangan, seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) hingga PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

Meski begitu, Danis tidak merinci berapa besaran nilai investasi yang bakal bergulir pada groundbreaking tahap kelima tersebut.