Bagikan:

JAKARTA - Kegiatan peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap ketujuh di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilakukan pada pertengahan Agustus mendatang.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN (OIKN) Agung Wicaksono menyebut, ada empat perusahaan yang akan melakukan groundbreaking tersebut.

"Sudah ada empat perusahaan yang confirm (groundbreaking). Ada Hotel Swissbell, BCA, RGE dan PT Intiland Development Tbk," kata Agung kepada wartawan di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat, 2 Agustus.

"Tentu tanggalnya mengikuti jadwal," sambungnya.

Saat ditanya soal insial RGE, Agung pun membenarkan bahwa kepanjangannya adalah Royal Golden Eagle. Diketahui, RGE adalah perusahaan kepunyaan konglomerat Sukanto Tanoto. "Royal Golden Eagle, betul," ucapnya.

Meski begitu, Agung enggan membeberkan total nilai investasi berbagai proyek yang akan dilakukan groundbreaking. Dia menjelaskan, pengumuman soal hal tersebut akan dilakukan jika dokumen final sudah rampung.

Pada kesempatan sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala OIKN Basuki Hadimuljono mengatakan, semua investor yang bakal groundbreaking diharapkan sudah menekan perjanjian kerja sama (PKS).

"Nanti yang BCA ini kalau sudah ada PKS-nya, jadi sekaligus dengan PKS. Yang empat ini saya minta supaya langsung dengan PKS," tuturnya.

Sementara soal tanggal, Basuki menjelaskan bahwa hal itu kemungkinan besar akan terlaksana saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke IKN pada pertengahan Agustus mendatang.