Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menugaskan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mengirimkan empat kapal pinisi untuk berlayar di Teluk Balikpapan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal ini dalam rangka mendukung perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI yang akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus mendatang.

“Tidak usah ke depan, sekarang saja sudah mulai masuk (Pelni ke IKN). Di antaranya dia punya kapal pinisi yang akan kita tugaskan di sana,” tuturnya kepada wartawan di Jakarta, ditulis Jumat, 2 Agustus.

Budi bilang kapal pinisi tersebut akan melayani perjalanan wisata di IKN mulai 1 Agustus. Dia mengatakan satu kapal pinisi milik Pelni bisa menampung sebanyak 50 orang. Sehingga untuk empat kapal total kapasitasnya mencapai 200 orang.

“Nah sehingga pada saat IKN ini beroperasi, menjadi suatu hal yang continous dari apa yang dilakukan saat ini. Satu kapal itu bisa menampung 50 orang. Kita ada empat kapal pinisi ke IKN,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut pelayaran kapal pinisi di Teluk Balikpapan ini bertujuan untuk memperkenalkan IKN kepada masyarakat luas, terlebih lagi potensi wisata di perairan Balikpapan sangat menarik untuk dinikmati.

Budi bilang, potensi wisata di perairan Balikpapan yang masih hijau dan alami sangat mengagumkan dan sayang sekali apabila tidak dimaksimalkan.

Selain itu, Budi juga bilang kapal pinisi yang akan beroperasi di IKN, Kalimantan Timur, akan lebih cantik dari yang ada di Labuan Bajo, Nusa Tenggata Timur (NTT).

Peryataan Budi tersebut menjawab pertanyaan awak media terkait dengan seperti apa kapal pinisi yang ada di IKN nantinya.

“Oh lebih cantik,” jawab Budi singkat saat ditemui di Stasiun LRT Harjamukti, Depok, Jawa Barat, Minggu, 14 Juli.

Saat ini, sambung Budi, pemerintah memang sedang mempersiapkan beberapa kapal pinisi untuk di teluk Balikpapan. Kapal-kapal ini akan menjadi daya tarik wisata di IKN.

“Kita lihat bahwa teluk Balikpapan itu sangat indah. Saya pikir kalau nanti ada tamu, wisatawan, mau ke IKN menjadi berwarna. Ke IKN naik bus listrik, naik ART. Nah di laut kita akan menyediakan beberapa pinisi, sehingga masyarakat bisa menggunakan pinisi itu, baik untuk bertransportasi maupun berwisata,” ucapnya.