Bagikan:

BALIKPAPAN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut, Swissotel Nusantara siap menampung tamu-tamu yang diundang untuk menghadiri perayaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, tamu-tamu yang akan menginap di Swissotel Nusantara merupakan yang diundang secara langsung oleh pemerintah, seperti tamu kenegaraan atau para gubernur.

"Ya untuk 17 Agustus kami menyiapkan beberapa hunian, ya, yang bisa digunakan. Tentunya sebagian (tamu undangan) juga bisa (menginap) di Hotel Nusantara. Nanti, kan, bergantian dengan para gubernur. Para gubernur juga rencananya akan tinggal di sini," ujar Endra kepada wartawan di Hotel Nusantara IKN, Jumat, 9 Agustus.

Endra menilai, untuk tamu undangan inti akan dipusatkan untuk menginap di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Dengan adanya keterbatasan tempat penginapan, kata Endra, pemerintah telah membatasi tamu-tamu undangan untuk tidak membawa pihak pendamping lebih dari 1 orang.

"Ya kalau yang inti saya kira sudah bisa ditampung, ya. Tapi, kalau misalkan pak gubernur bawa tim lagi, kemudian pak bupati bawa tim, pak wali kota (bawa tim) memang tidak bisa ditampung di sini. Walaupun di suratnya kami tegaskan bahwa jumlah pendampingnya, kan, hanya 1," kata Endra.

Dia berharap agar tamu-tamu undangan mengikuti arahan tersebut. Mengingat, hanya ada 127 kamar yang tersedia di Swissotel Nusantara.

"Ya mudah-mudahan itu bisa tersambung di dalam kawasan ini semua. Jadi, tidak perlu ke tempat-tempat luar lagi. Dari Balikpapan, kan, juga kami siapkan shuttle. Saya kira solusinya seperti itu lewat jalan tol," tuturnya.

Menurut Endra, kesiapan hunian untuk perayaan Upacara 17 Agustus sudah rampung dan tinggal menyesuaikan dengan kapasitas tamu-tamu undangan saja.

"Ini yang secara keseluruhan kami melihat kesiapan infrastruktur hunian untuk penyelenggaraan 17 Agustus itu disesuaikan dengan jumlah undangan yang masuk. Jadi, pada saat ini kami bisa katakan sudah siap menampung tamu-tamu undangan di sini," ungkap Endra.

"Di sini (Swissotel Nusantara) 127 kamar. Kalau huniannya tadi, kan, sudah ada 12 tower, 1 tower 60 unit. 1 unitnya ada 3 kamar yang bisa diisi 4-6 orang," imbuhnya.