Pusat Komando IKN Bakal Diluncurkan Saat <i>Groundbreaking</i> Tahap Kelima
Juru Bicara OIKN Troy Pantouw. Foto: (Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bakal meluncurkan Pusat Komando IKN dalam peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap kelima yang direncanakan akan berlangsung pada Jumat-Sabtu atau 29 Februari sampai 1 Maret 2024.

"Akan ada peluncuran pusat komando atau command center dari OIKN dan nanti akan bisa dilihat bagaimana visualisasi pembangunan yang berlangsung di IKN, Kalimantan Timur," ujar Juru Bicara OIKN Troy Pantouw usai ditemui dalam agenda Menuju Ibu Kota Baru Nusantara: Pembiayaan dan Kesiapan Infrastruktur di Jakarta, Senin, 26 Februari.

Troy menilai, setelah peluncuran maka Pusat Komando di IKN tersebut sudah bisa beroperasi.

"Setelah peluncuran itu berarti sudah bisa mulai beroperasi. Di situ nanti juga bukan hanya bisa melihat secara fisik pembangunan, tetapi juga akan ada semacam analisa bagaimana masukan dari teman-teman media juga bagaimana tren sentimennya terhadap pergerakan pembangunan IKN," kata dia.

Dia menambahkan, selain peluncuran Pusat Komando IKN, nantinya bakal ada juga perusahaan teknologi dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ikut dalam groundbreaking tahap kelima tersebut.

"Jadi, ada perusahaan teknologi dari BUMN yang akan melakukan groundbreaking, detailnya nanti akan disampaikan pada H-1 atau H-2," ucapnya.

Selain perusahaan teknologi, groundbreaking tahap kelima di IKN itu juga bakal diikuti oleh sektor perbankan.

"Jadi, selain perusahaan teknologi kemudian juga ada dari perbankan yang akan groundbreaking," imbuhnya.